Berbagi Happy Sebagai Bakti

Berita Kegiatan

KUPING EMAS (Komunitas Penggiat Promosi Kesehatan Masyarakat) FKM Universitas Jember bersama KMBJ (Komunitas Mari Berbagi Jember) dan Grebeg Sedekah melakukan bakti sosial di Desa Rowosari, Dusun Pringtelu Kecamatan Sumberjambe, Jember pada hari sabtu, 17 Maret 2018.  Bakti sosial ini meliputi sejumlah kegiatan, yaitu cek kesehatan gratis dan pemberian obat, pembagian sembako, pemberian pakaian layak pakai dan beberapa mainan anak, pementasan panggung boneka, pemberian bantuan pipa untuk akses air bersih, serta penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh KUPING EMAS.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian kepada masyarakat yang kurang beruntung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tinggal di daerah yang sulit dijangkau, kesulitan dalam mengakses pendidikan dan pelayanan kesehatan. Sehingga dengan adanya bakti sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Rowosari dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Kuping Mas yang beranggotakan dosen dan mahasiswa FKM Universitas Jember sengaja mengambil sasaran bakti sosial pada 50 KK warga masyarakat Desa Rowosari. Mereka adalah kelompok masyarakat yang hanya dikunjungi bidan selama satu bulan sekali yakni dalam kegiatan posyandu. Pelaksanaan posyandu yang diperuntukkan untuk ibu hamil, bayi, dan balita yang ditempatkan dalam sebuah balai dengan dinding kayu dan berlantai tanah. Pelayanan kesehatan sangat jauh dari dusun tersebut membuat masyarakat sulit mengakses sarana dan fasilitas kesehatan.

Selain itu kondisi sanitasi masyarakat Desa Rowosari tergolong belum sehat. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kandang ternak yang berada bersama rumah penduduk ,belum adanya kamar mandi serta jamban yang dimiliki setiap rumah sehingga  kegiatan  mandi, cuci, dan kakus dilakukan bersama di sungai atau sumber mata air bantuan dari pemerintah. Selain itu,  sebagian  rumah warga terbuat dari kayu yang berlantaikan tanah dan hanya beberapa rumah saja yang memiliki alas semen.

Warga sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang telah kami persiapkan yang tergambar dalam raut wajah bahagia dari setiap warga disana. Harapan kami, semoga kegiatan lintas sektor dapat dilakukan di sana seperti perbaikan akses jalan menuju lokasi, pipanisasi berjalan semakin lancar, sanitasi yang semakin baik dengan adanya kamar mandi dan jamban tiap rumah, anak-anak memiliki semangat belajar dan mendapatkan pendidikan yang layak, serta kemudahan sektor kesehatan dengan adanya tenaga kesehatan minimal 2 minggu sekali mengakses lokasi, serta adanya POSBINDU untuk lansia.