Bincang Peminatan Prodi Kesehatan Masyarakat Tahun 2022

Kegiatan
Bincang Peminatan 2022

Prodi Kesehatan Masyarakat memiliki beberapa cabang peminatan, yang antara satu universitas dengan universitas lain memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menentukan jumlah  peminatannya. Pada Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember sendiri terdapat tujuh peminatan, diantaranya yaitu Gizi Kesehatan Masyarakat, Promosi Kesehatan dan  Ilmu Perilaku, Epidemiologi, Biostatistika, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. Dari ketujuh peminatan ini, seluruh mahasiswa/i semester V Prodi Kesehatan Masyarakat harus menentukan salah satu yang akan menjadi pilihannya, yang selanjutnya peminatan tersebut akan menjadi materi dalam pembuatan skripsi, sehingga penting bagi mereka dalam memikirkan sematang mungkin sesuai dengan minat, bakat, serta prospek kerja yang mereka inginkan kedepannya. Meskipun pada semester sebelummya materi terkait peminatan tersebut telah diberikan, masih banyak mahasiswa/i yang bingung dan ragu dalam menentukan peminatan yang akan dipilihnya.

Melihat permasalahan ini, maka Himpunan Mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Univesitas Jember berinisiatif untuk menyelenggarakan acara Bincang Peminatan, di mana acara ini sudah menjadi program kerja tahunan bagi HIMAKESMA Universitas Jember dalam rangka membantu mahasiswa/i semester V prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dalam memantapkan pilihannya, dengan melakukan sosialiasi materi dari setiap peminatan, bagaimana tips & trick dalam memilih peminatan, apa saja yang perlu diperhitungkan dalam mengambil keputusan, dan lain sebagainya.

Bincang Peminatan 2022 dilaksanakan secara hybrid, yaitu offline dan online¸ yang bertempat pada Ruang Kuliah 2 FKM Unej dan zoom meeting, pada tanggal 2 Juli 2022, dengan total jumlah peserta 30 yang hadir secara offline dan 132 yang hadir secara online. Pada tahun ini, bincang Peminatan 2022 mengangkat tema “Find Your Passion, Take an Action, and Chase a Great Achievement”. Kegiatan Sosialisasi Bincang Peminatan 2022 meliputi pemaparan hasil survey, pemutaran video pertama, penyampaian pemateri pertama, diskusi, penyampaian pemateri kedua, yakni oleh masing-masing ketua peminatan, diskusi, dan pemutaran video kedua. Besar harapan dengan telah diselenggarakannya kegiatan ini dapat memberikan hasil yang maksimal, serta dapat menjadi jembatan informasi bagi mahasiswa/i prodi Kesehatan Masyarakat terkait peminatan-peminatan yang terdapat pada prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.