Peningkatan Kesadaran Lingkungan Sebagai Aksi Mitigasi Perubahan Iklim melalui Kegiatan Bulan Kesehatan Jember 2022

BEM Berita Kegiatan
Dokumentasi Bersama

Bulan Kesehatan Jember 2022 merupakan salah satu program kerja yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Program kerja ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat tentang hygiene sanitasi lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian serta aksi nyata mahasiswa dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program peduli lingkungan.

Kegiatan Bulan Kesehatan Jember 2022 dilaksanakan pada tanggal 13 November 2022 di Pantai Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Kegiatan ini mengusung tema “One Heart, OneSoul, One Vision For a Better Climate”. Kegiatan memiliki 4 agenda, yaitu senam sehat, pembersihan pantai, pembuatan papan edukasi, dan penyuluhan kepada masyarakat menggunakan media papan edukasi.  Senam sehat dilakukan bersama-sama oleh seluruh volunteer dan juga panitia. Pembersihan pantai dilakukan dengan mengambil sampah yang berserakan disekitar pantai. Setelah itu, pembuatan papan edukasi mengenai sampah dan digunakan sebagai media dalam penyuluhan langsung kepada masyarakat atau pengunjung pantai.

Hasil dari Kegiatan Bulan Kesehtan Jember 2022 tentunya diharapkan memiliki pengaruh yang cukup besar utamanya pada volunteer yang merupakan mahasiwa aktif Universitas Jember. Volunteer yang berstatus sebagai mahasiswa dapat meningkatkan softskill dalam penyuluhan langsung terhadap masyarakat secara langsung. Selain itu, dapat melatih kreativitas volunteer dalam membuat media penyuluhan yang mudah dipahami oleh masyarakat. Namun, tidak hanya volunteer saja yang mendapatkan manfaatnya tetapi juga masyarakat sekitar dan pengunjung Pantai Watu Ulo. Masyarakat dapat mendapatkan pengatahuan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan dampak dari perubahan iklim akibat kondisi laut yang banyak sampahnya.