CAPTURE 2022: Satukan Kreativitas Ilmiah sebagai Kontribusi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia

Berita Kegiatan Lentera
Foto bersama peserta Camping Literature UKM Lentera

Setelah dua tahun terakhir istirahat dari kegiatan turun lapangan secara luring, akhirnya pada hari Sabtu, 11 Juni 2022, UKM Lentera Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember kembali menyelengggarakan kegiatan turlap. Kegiatan ini yaitu Camping Literature (CAPTURE) 2022 dengan tema “Satukan Kreativitas Ilmiah sebagai Kontribusi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan inovasi dalam memecahkan masalah sehingga dapat disalurkan ke dalam tulisan ilmiah. Selain itu, acara ini juga dapat mempererat hubungan internal antar anggota UKM Lentera.

Technical Meeting Acara Capture 2022

Technical Meeting Acara Capture 2022

Sebelum hari H acara, para peserta melakukan technical meeting (TM) pada Sabtu, 28 Mei 2022. TM dilakukan secara daring melalui media zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan bagi para peserta sebelum melaksanakan turlap untuk mendapatkan data sebagai bahan penulisan esai. Pada TM ini, seluruh peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil secara acak untuk bekerja sama dalam menulis esai.

Capture 2022 ditujukan untuk para “Pena Muda” atau anggota baru UKM Lentera. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 42 peserta dengan rincian sejumlah 16 peserta hadir secara luring dan 26 peserta hadir secara daring. Kegiatan turun lapangan dilakukan di TPA Pakusari, Jember. Sebelum peserta diberangkatkan menuju TPA Pakusari, pembukaan acara dilakukan di aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Pembukaan acara dimulai pada pukul 08.15 WIB, diawali pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) selama 5 menit. Kemudian acara dilanjut dengan membaca doa, menyanyikan lagu “Indonesia Raya” selama 10 menit. Rangkaian sambutan acara diawali oleh ketua pelaksana kegiatan, Cindik Pratiwi, yang diwakili oleh sekretaris kegiatan yaitu Sinta Yuli Prastika. Sambutan berikutnya oleh ketua UKM Lentera, Eka Yanuar Rachmadi, juga diwakili oleh Batrisyia Rumidzati selaku wakil ketua UKM Lentera. Kemudian sambutan oleh ketua BEM FKM Unej, Amilia Mubarrika, yang hadir secara daring via zoom meeting. Serta sambutan terakhir oleh pembina UKM Lentera, Ibu Arina Mufida Ersanti, S.KM., M. Epid. yang diwakili oleh wakil ketua UKM Lentera. Sebelum pembukaan acara berakhir, panitia kembali memberikan arahan kepada para peserta mengenai kegiatan yang akan dilakukan di TPA Pakusari. Pada akhir sesi pembukaan acara, acara ditutup dengan sesi foto bersama antara para panitia dengan peserta.

Kegiatan wawancara kepada narasumber di TPA Pakusari

Kegiatan wawancara kepada narasumber di TPA Pakusari

Pada pukul 08.45, peserta diberangkatkan menuju TPA Pakusari, Jember dengan pendampingan oleh para panitia. Selain pendampingan oleh panitia, peserta juga mendapat arahan dan informasi seputar pengelolaan sampah di TPA tersebut oleh pihak pengelola. Kemudian, para peserta dibebaskan untuk mengelilingi wilayah TPA Pakusari untuk mencari dan mendapatkan ide serta data sebagai bahan penulisan esai. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada para pihak pengelola maupun pekerja di TPA Pakusari. Kemudian sesi foto bersama oleh para panitia dan peserta kembali dilakukan di TPA Pakusari. Setelah peserta mendapatkan data yang cukup sebagai bahan penulisan esai, peserta diperkenankan kembali ke kediaman masing-masing pada pukul 11.45 WIB. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan kembali pada kepengurusan selanjutnya serta dapat menghasilkan banyak manfaat bagi panitia, peserta, serta masyarakat melalui hasil karya tulis. Selain itu, setelah kegiatan ini berakhir, harapannya peserta dapat lebih antusias dan semangat dalam menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat bagi diri sendiri serta lingkungan sekitar.

Penulis: Sinta Yuli Prastika