Desa Binaan BEM FKM Unej 2022

BEM Berita Kegiatan
Desa Binaan BEM FKM Unej 2022

Kegiatan Desa Binaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember 2022 merupakan kegiatan internal dalam kepengurusan BEM FKM UNEJ tahun 2022-2023. BEM FKM UNEJ dalam kegiatan tersebut memberikan sekaligus mengajak seluruh mahasiswa dan keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember untuk memberikan wadah dalam berbagi ilmu. Kegiatan Desa Binaan dilaksanakan secara offline dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa FKM UNEJ yang memiliki rasa peduli yang tinggi tentang masalah stunting yang terjadi. Penyelenggaraan desa binaan yang bekerjasama dengan komunitas Pengmas Ranger. Pengmas Ranger merupakan komunitas yang dibentuk oleh BEM FKM UNEJ dan beranggotakan mahasiswa yang memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap permasalahan kesehatan di masyarakat. Penyelenggaraan desa binaan BEM FKM UNEJ juga berkolaborasi dengan HIMAKESMA UNEJ.

Desa Binaan berlangsung selama dua bulan dan diselenggarakan setiap hari sabtu. Program ini dilaksanakan di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh Panitia Desa Binaan BEM FKM UNEJ, menemukan beberapa permasalahan yang ada di Desa Glagahwero. Banyak masyarakat  Desa Glagahwero yang kurang mengetahui terkait bahaya merokok, terutama di sekitar balita dan keluarga. Banyak dilakukan pernikahan dini di Desa Glagahwero dengan berbagai penyebab. Perilaku hidup bersih dan sehat masih sangat minim dilakukan oleh masyarakat Desa Glagahwero.

Berdasarkan permasalahan yang ada di Desa Glagahwero, Panitia Desa Binaan menyusun sebuah program dengan memberikan penyuluhan dan praktik terkait dengan pencegahan pernikahan dini dengan pembentukan tim PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja). Melakukan penyuluhan dan emo-demo terkait bahaya merokok di Desa Glagahwero. Penyuluhan dan pembimbingan terkait 1000 HPK. Pembentukan Bank Sampah sebagai wujud PHBS.