Diklat Anggota Baru Ormawa FKM UJ 2018

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Pengumuman

Organisasi mahasiswa (ormawa) adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Organisasi ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan intra kampusorganisasi kemahasiswaan antar kampus, organisasi ekstra kampus maupun ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) baik di tingkat perguruan tinggi, antar perguruan tinggi maupun tingkat nasional sebagai wadah kerja sama dan berjejaring untuk mengembangkan potensi serta partisipasi aktif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan kemajuan Indonesia sesuai disiplin ilmunya. Kedudukan IOMS berada di Fakultas, Jurusan atau Program Studi.

Selain itu, ormawa juga berfungsi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menumbuhkan sikap kreatif dan kritis bagi mahasiswa, komunikasi antar mahasiswa, pengembangan jati diri mahasiswa, pengembangan keterampilan organisasi, manajemen dan kepemimpinan mahasiswa dan lain-lain.

Terdapat sepuluh ormawa di lingkungan FKM Universitas Jember yang terdiri atas satu lembaga legislatif mahasiswa (BPM), satu lembaga eksekutif mahasiswa (BEM) dan delapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Pada awal tahun 2018 ini, ormawa FKM Universitas Jember membuka serangkaian kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) sebagai sarana rekrutmen anggota baru, khususnya bagi mahasiswa angkatan 2017.

(Ketua / Wk Ketua 10 Ormawa FKM UJ Periode 2017/2018)

Agenda open recruitment (oprec) dibuka oleh UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Pusaka yang telah melakukan kegiatan diklat anggota baru pada akhir tahun 2017 lalu. Dan pada awal 2018 ini, agenda diklat dimulai oleh UKM Pecinta alam Mapakesma yang menyelenggarakan diklat ruang pada 19-20 februari 2018 serta diklat lapang pada 22-25 februari 2018. Seklanjutnya diklat UKM Komunitas Peduli AIDS, Komplids, yang melaksanakan diklat pada tanggal 25 februari 2018.

Awal maret 2018 dimulai dengan aktivitas diklat UKM Penalaran Lentera pada tanggal 10 Maret 2018 serta diklat pengurus baru Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) yang dilaksanakan keesokan harinya, 10-11 Maret 2018. Pada hari ahad 11 Maret 2018 juga dilaksanakan diklat bagi calon anggota UKM Kerohani Islam Ash Shihah yang dilaksanakan di Ruang Kuliah I dan II FKM Universitas Jember.

Bentuk kegiatan yang berbeda dilakukan oleh UKM Pers Mahasiswa Sinvesta. Sebelum menggelar diklat anggota baru pada 17-18  Maret 2018, Sinvesta terlebih dahulu menggelar welcome party pada hari jum’at malam sabtu tanggal 9 Maret 2018. Teknis yang berbeda pun dilakukan oleh UKM Seni Ph 9. Mereka menggelar diklat dalam tiga sesi : Diklat ruang, diklat lapang dan diklat kota yang dilaksanakan secara berurut pada tanggal 17,18,24 dan 25 Maret 2018.

Namun masa diklat yang paling panjang adalah milik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Mereka menggelar rangkaian kegiatan kaderasasi anggota mulai 8 Maret 2018 (Technical Meeting) yang dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan pada tanggal 12-15 Maret, kemudian 24 dan 31 Maret serta berakhir pada 1 April 2018. Dan seluruh rangkaian diklat ormawa ini ditutupa oleh agenda rekrutmen UKM Olah Raga Arkesma yang melaksanakan agenda diklat pada tanggal 1,7 dan 8 April 2018.

Keberadaan ormawa ini adalah dalam rangka mengasah soft skill mahasiswa dengan berbagai kegiatan ko kurikuler maupun ekstrakurikuler sebagai pendamping kegiatan akademik. Harapannya Mahasiswa yang tergabung dalam ormawa tidak keluar dari rambu-rambu utama tugas dan fungsi perguruan tinggi yaitu tri darma perguruan tinggi, tanpa kehilangan daya kritisnya.