Tags:

Pendidikan dan Pelatihan Badan Eksekutif Mahasiswa 2022: “Create a Stronger, Adaptive and Smarter Youth in the Most Brilliant Era 5.0” 

BEM Berita Kegiatan

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember tahun 2022 dengan tema “Create a stronger, adaptive and smarter youth in the most brilliant era 5.0” dilaksanakan sebagai kegiatan untuk mengenalkan kehidupan organisasi bagi pengurus baru dan mematangkan kemampuan pengurus dalam melanjutkan roda organisasi. Kegiatan ini memberi pengetahuan terkait teori dan praktik mengenai manajemen organisasi kepada pengurus baru. Pemberian teori bertujuan agar pengurus baru terbiasa dalam mengimplementasikan teori dan praktik tersebut dalam berorganisasi. Pengurus baru juga dapat menjalin hubungan baik dengan pengurus lama agar koordinasi dan komunikasi dalam organisasi dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan dari sebuah organisasi dapat tercapai secara optimal.

Pendidikan dan Pelatihan merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi dan menjadi inti dari kelanjutan perjuangan organisasi untuk mengelola dan menjalankan roda organisasi. Pendidikan dan Pelatihan BEM FKM UNEJ menjadi sebuah wadah bagi seluruh mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Jember untuk menuangkan berbagai gagasan dan invosinya serta sebagai ajang untuk menjaring mahasiswa hebat yang akan meneruskan keberlanjutan kepengurusan di BEM FKM UNEJ pada periode selanjutnya. Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan ORMAWA secara luring sesuai surat edaran rektor yang telah beredar. Maka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan BEM FKM UNEJ akan dilaksanakan secara daring.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ 2022 dilaksanakan dalam satu hari yaitu pada Kamis – Jum’at tanggal 24 – 25 Februari 2022 via Zoom Meeting di kediaman masing-masing. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ 2022 diawali dengan persiapan panitia lalu presensi panitia dan peserta dengan membagikan link presensi dan link Zoom Meeting kepada peserta dan pemateri melalui WhatsApp. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ 2022 dimulai dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia yaitu Batrisyia Rumidzati, pembina BEM FKM UNEJ yaitu Ibu Reny Indrayani, S.KM., M.KKK., dan wakil dekan III FKM UNEJ yaitu Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM.,M.Kes. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan BEM FKM UNEJ 2021 terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap satu kegiatan Pendidikan dan Pelatihan di laksanakan pada hari Kamis, 24 Februari 2022, untuk hari pertama kegiatan pemaparan materi dan bermain di beberapa Pulau yang sudah dibagi oleh panitia, terdapat Pulau A yang membahas Sejarah, BEM, dan Kabinet. Setelah memasuki pos yang sudah disediakan peserta akan mendapatkan materi yang pertama menyampaikan materi tentang organisasi dan perkuliahan yang akan dibawakan oleh saudari Rahmy Rosyida, S.KM angkatan 2016. Pemateri yang kedua akan menyampaikan materi tentang organisasi pada zamannya dibanding sekarang yang dibawakan oleh saudari Alya Fauziyah S.KM. angkatan 2015. Setelah penyampaian materi para peserta diarahkan untuk memasuki pos pulau B yang membahas departement dan anggota. Setelah peserta memasuki pulau B, peserta di persilahkan istirahat dan kembali lagi pada pukul 19.30. Pada pukul 19.30 para panitia melanjutkan kembali pos terakhir yaitu pulau C yang membahas Problem Solving dan pemilihan komting. Peserta kembali ke main room dan panitia memberi arahan untuk pengukuhan di hari Jum’at.

Tahap dua terdiri atas pengukuhan dan perkuat rasa kekeluargaan, yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2022 tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah zoom meeting. Para peserta dikukuhkan secara online dan master of ceremoni membuka acara sesi kekeluargaan. Peserta di persilahkan untuk masuk ke breakout room untuk memasuki sesi silaturahmi antar departemen. Setelah sesi silaturahmi antar departemen peserta dan panitia kembali ke main room untuk penutupan acara dan dokumentasi.

Kegiatan ini bermaksud agar peserta dapat memperoleh motivasi dari kesuksesan kakak-kakak yang dulunya pernah berproses di organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Selain itu, melatih para staff muda BEM FKM UNEJ dalam menyelesaikan masalah dengan tingkat yang rendah hingga tinggi secara cepat dan tepat serta melatih dalam menjalankan birokrasi maupun proker dalam kepengurusan dengan baik dan benar. Pendidikan dan Pelatihan merupakan kegiatan yang berpengaruh penting dalam kehidupan dan jalannya roda generasi dalam sebuah organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Roda tersebut harus tetap berputar demi terciptanya organisasi yang berkembang dan dinamis.

Hasil dari kegiatan ini tentu akan memiliki pengaruh besar utamanya bagi seluruh peserta. Meningkatnya minat peserta sehingga dapat meningkatkan pula kemampuanya. Selain itu setiap peserta memiliki bekal yang cukup dalam menambah wawasan dalam pandangan yang dapat membawa perubahan kepads Badan Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan ini juga akan merekatkan hubungan antara para peserta. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Badan Eksekutif Mahasiswa ini menghasilkan pengurus baru Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2022 yang menjabat menjadi staff muda berjumlah 20 orang.

Kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia internal BEM FKM UNEJ sehingga mampu produktif dalam mempersiapkan segala program kerja. Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ menjadi wadah dalam mempererat hubungan kekeluargaan antara pengurus BEM FKM UNEJ. Kegiatan ini diharapkan dapat terselenggarakan untuk tahun selanjutnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi pengurus baru Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ 2022.

Penulis: Debbie Masael