Diklat Peningkatkan Pengurus BPM Periode 2021/2022

BPM Kegiatan

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember tahun 2022 dengan tema “Membangun Internal BPM FKM UNEJ yang Aktif, Aspiratif, dan Solutif” dilaksanakan untuk menjadi ajang pengenalan dan regenerasi antara pengurus lama dan pengurus baru dalam menjalankan estafet kepengurusan selama setahun masa jabatan mendatang. Salah satu usaha untuk mencapai tujuan ini yakni dengan menghadirkan pemateri yang sesuai dengan bidangnya, dan sesuai dengan fungsi Badan Perwakila Mahasiswa sehingga pembalajaran tentang keorganisasian akan sesuai dengan yang di harapkan. Kegiatan ini juga memberi pengetahuan terkait teori dan praktik mengenai manajemen organisasi kepada pengurus baru. Pemberian teori bertujuan agar pengurus baru terbiasa dalam mengimplementasikan teori dan praktik tersebut dalam berorganisasi. Pengurus baru juga dapat menjalin hubungan baik dengan pengurus lama agar koordinasi dan komunikasi dalam organisasi dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan dari sebuah organisasi dapat tercapai secara optimal.

Pendidikan dan Pelatihan merupakan program kerja pertama BPM FKM UNEJ dalam satu tahun periode kepengurusan yang terus diperbaharui setiap tahunya. Pendidikan dan pelatihan merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh sebuah organisasi, guna menciptakan kepengurusan baru yang lebih terlatih dan mengerti terkait organisasi. Oleh sebab itu BPM FKM UNEJ mengadakan Pendidikan dan Pelatihan, guna menjadi wadah bagi pengurus baru untuk menuangkan berbagai gagasan dan invosinya serta saling mengenal antara satu dengan yang lain baik pengurus lama maupun pengurus baru, sehingga dapat menciptakan teamwork dan rasa kekeluargaan antar anggota yang baik.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa FKM UNEJ 2022 dilaksanakan dalam satu hari yaitu pada Sabtu, tanggal 26 Maret 2022 via Zoom Meeting di kediaman masing-masing. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa FKM UNEJ 2022 diawali dengan persiapan panitia lalu presensi panitia dan peserta dengan membagikan link presensi dan link Zoom Meeting kepada peserta dan pemateri melalui WhatsApp. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa FKM UNEJ 2022 dimulai dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia yaitu Putri Kulsum Maulidia Farhan, pembina BPM FKM UNEJ yaitu Ibu Adistha Eka Noveyani, S.KM., M.P.H., dan wakil dekan III FKM UNEJ yaitu Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM.,M.Kes. sekaligus membuka acara.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan dilaksanakan dalam satu hari dengan kegiatan inti yakni pemaparan materi terkait basic legal drafting dan pembuatan naskah akademik di tingkat organisasi mahasiswa, acara ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama pemateri. Selanjutnya dilakukan pengesahan anggota pengurus baru oleh Pembina BPM FKM UNEJ yakni Ibu Adistha Eka Noveyani, S.KM., M.P.H. dengan sistematika yang dibuat mirip seperti sistematika wisuda dimana Pembina akan memberikan sedikit pesan-pesan, kemudian memimpin pembacaan ikrar diikuti oleh seluruh peserta, lalu diakhiri dengan pemindahan pita toda dari sisi kiri ke sisi kanan. Terakhir acara ini dilanjutkan dengan funny games yang dirancang guna meningkatkan rasa kekeluargaan antaranggota serta saling mengenal karakteristik satu sama lain. Kemudian ditutup oleh MC yang bertugas.

Hasil dari kegiatan ini tentu akan memiliki pengaruh besar utamanya bagi seluruh peserta. Dengan terbukanya pengetahuan terkait seperti apa sistematika legal drafting dan penyusunan naskah akademik yang mana merupakan topic yang berkaitan dengan fungsi BPM FKM UNEJ yakni sebagai organisasi dengan fungsi legislatif di tingkat fakultas.

Kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia internal BPM FKM UNEJ sehingga mampu produktif dalam mempersiapkan segala program kerja. Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa FKM UNEJ menjadi wadah dalam mempererat hubungan kekeluargaan antara pengurus BPM FKM UNEJ. Kegiatan ini diharapkan dapat terselenggarakan untuk tahun selanjutnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi pengurus baru Badan Perwakilan Mahasiswa FKM UNEJ 2022.