Diklat Pengurus Baru Himakesma FKM UNEJ Tahun 2022

Berita Himakesma Kegiatan Kemahasiswaan
Diklat Pengurus Baru Himakesma FKM UNEJ Tahun 2022

Diklat Pengurus Baru Himakesma Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2022 merupakan kegiatan untuk mempersiapkan pengurus baru Himakesma sebagai calon penerus tongkat estafet kepengurusan Himakesma. Himakesma FKM UNEJ merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di bawah naungan BEM FKM UNEJ. Himakesma termasuk salah satu organisasi kemahasiswaan yang tergolong baru. Diklat Himakesma 2022 merupakan diklat keempat yang telah dilaksanakan setelah berdirinya Himakesma. Diklat Pengurus Baru Himakesma diselenggarakan pada tanggal 5-6 November 2022 dengan mengusung tema “Satukan Aksi Menuju Generasi yang Berseri (Bersatu, Berkarya, dan Aktif)”.

Diklat Himakesma 2022 ini diawali dengan serangkaian acara kaderisasi calon pengurus baru yang dilaksanakan selama 5 hari, yaitu tanggal 26-30 Oktober 2022. Kegiatan kaderisasi ini diikuti oleh 42 mahasiswa dari angkatan 2022. Kaderisasi ini dilakukan untuk merekrut mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi untuk menjadi pengurus baru Himakesma FKM UNEJ periode 2022/2023. Setelah melalui beberapa proses seleksi, didapatkan 35 mahasiswa yang dinyatakan lolos menjadi pengurus baru Himakesma FKM UNEJ 2022/2023. Diklat Himakesma 2022 diikuti oleh 35 peserta yang telah dinyatakan lolos.

Diklat Himakesma 2022 dilaksanakan di Villa Kuning Rembangan selama 2 hari 1 malam. Namun, sebelum menuju ke tempat diklat, terdapat pembukaan acara yang dilaksanakan di lapangan basket FKM UNEJ yang dihadiri oleh Ibu Dr. Dewi Rokhmah S.KM., M.Kes selaku Wakil Dekan III dan saudari Amilia Mubarrika selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ. Diklat tersebut mendatangkan 2 pemateri yang sangat berpengalaman di bidangnya. Materi pertama membahas mengenai kepemimpinan yang disampaikan oleh saudara Faiz Afif Luthfir yang merupakan demisioner Ketua Umum Himakesma periode 2019/2020. Sedangkan, materi kedua membahas mengenai time management yang disampaikan oleh saudari Jihan Muna Salma yang juga merupakan demisioner Ketua Umum Himakesma periode 2020/2021. Penyampaian materi berjalan dengan sangat lancar dan para peserta juga antusias dalam bertanya.

Penyampaian materi tersebut diharapkan dapat menjadi bekal bagi para pengurus baru Himakesma FKM UNEJ dalam melanjutkan keberlangsungan organisasi. Para pengurus baru tersebut nantinya akan mengambil kendali penuh atas berjalannya organisasi Himakesma. Kinerja pengurus Himakesma FKM UNEJ diharapkan meningkat sehingga bisa menjadi organisasi kemahasiswaan yang membanggakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Selain penyampaian materi, dalam diklat tersebut juga diisi dengan beberapa kegiatan yang sangat menarik, seperti problem solving, outbound, sharing session, pentas seni, dan senam pagi. Kegiatan problem solving berisi tentang suatu case permasalahan yang solusinya harus dicari oleh para pengurus baru Himakesma. Kegiatan outbound berisi beberapa mini games yang bertujuan untuk melatih kerja sama dan kekompakan tim. Sedangkan, kegiatan pentas seni merupakan kegiatan di mana para pengurus baru Himakesma menampilkan bakatnya secara berkelompok. Senam pagi merupakan kegiatan terakhir dalam serangkaian Diklat Pengurus Baru Himakesma. Kegiatan Diklat Himakesma 2022 ini ditutup pada tanggal 6 November 2022 diadakan penutupan sekaligus pengukuhan pengurus baru Himakesma FKM UNEJ. Diklat Pengurus Baru Himakesma diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat hubungan antar para pengurus baru, pengurus Himakesma, serta demisioner.