Upgrading dan Diklat Kepengurusan Baru HIMAKESMA FKM UNEJ Tahun 2021

Himakesma Kegiatan
Diklat Himakesma

Kegiatan diklat anggota pengurus baru HIMAKESMA Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNEJ Tahun 2021 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan calon-calon penerus tongkat estafet perjuangan HIMAKESMA. Organisasi di bawah naungan BEM FKM UNEJ ini merupakan organisasi mahasiswa yang masih tergolong baru di lingkungan FKM UNEJ. Kegiatan diklat yang dilakukan tahun ini merupakan kegiatan diklat yang ketiga kalinya setelah HIMAKESMA didirikan. Diklat kepengurusan baru dilaksanakan pada Sabtu, 6 November 2021 dengan tema “Rise your Courage, Balance your Flexibility, Keep your Stance and Commitment for Better HIMAKESMA”.

Rangkaian pelaksanaan diklat sendiri diawali dengan kegiatan kaderisasi calon-calon anggota baru selama 5 hari lamanya, yakni pada 26−30 Oktober 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 57 peserta yang berasal dari mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Pengkaderan dilakukan dengan tujuan menjaring calon pengurus baru yang memiliki potensi untuk dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan dari HIMAKESMA. Setelah melewati beberapa rangkaian, didapatkan sebanyak 32 peserta yang dinyatakan lolos menjadi anggota baru HIMAKESMA FKM UNEJ Tahun 2021 yang kemudian menjadi peserta diklat kepengurusan baru.

Diklat kepengurusan baru dilaksanakan dengan mendatangkan 3 orang pemateri dengan pembahasan yang berbeda. Materi pertama, membahas mengenai Sejarah Berdirinya HIMAKESMA FKM UNEJ yang disampaikan oleh Saudara Faiz Afif Luthfir yang merupakan demisioner Ketua Umum HIMAKESMA. Materi kedua, membahas mengenai Organisasi-Organisasi Kesehatan Masyarakat yang Ada di Indonesia dan Beasiswa yang disampaikan oleh Bapak Bastomy Ali Burhan, S.KM. yang juga merupakan seorang alumni FKM UNEJ. Serta materi terakhir, membahas mengenai Organizational Learning dan Learning Organization yang disampaikan oleh Bapak Dewa Ngakan Gde Wahyu Mahatma Putra, S.ST., M.A.R.S. yang juga dikenal sebagai dosen FKM UNEJ pada kompetensi peminatan AKK.

Penyampaian materi yang telah diberikan oleh para pemateri diharapkan dapat menjadi bekal bagi anggota-anggota baru HIMAKESMA FKM UNEJ dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan keberlangsungan organisasi. Pengurus-pengurus baru nantinya akan memegang kendali perjalanan HIMAKESMA. Diharapkan, kinerja HIMAKESMA FKM UNEJ akan semakin lebih baik sehingga dapat menjadi organisasi mahasiswa yang membanggakan dan membawa nama baik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.