Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Anggota LPMKM SINVESTA dalam Bidang Jurnalistik Tingkat Dasar 2022

Berita Kegiatan Sinvesta
Diklat sinvesta 2022

Jurnalistik merupakan bidang yang memberikan informasi dengan menggunakan media cetak maupun elektronik mulai dari peliputan hingga penyebarannya. Adanya teknologi yang semakin berkembang memunculkan perubahan ruang berita menjadi lebih cepat sampai kepada masyarakat. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media penyebaran informasi terkhusus mengangkat isu mengenai kesehatan yang masih banyak menjadi masalah di Indonesia.

Adanya pers mahasiswa menjadi peran penting untuk menjembatani publikasi dan informasi di lingkungan kampus baik seputar kesehatan maupun berbagai kegiatan yang dilaksanakan terutama di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Diperlukan kemampuan khusus pada bidang jurnalistik guna meminimalisir terjadinya kesalahan baik dari teknik maupun etika dalam publikasi.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan kegiatan diklat perekrutan anggota baru LPMKM SINVESTA yang diadakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus baru dalam bidang jurnalistik melalui pelatihan dan pemaparan materi dibarengi kegiatan sharing kepengurusan bersama dengan alumni serta anggota aktif LPMKM SINVESTA yang bertujuan untuk menjalin keakraban sekaligus memperkenalkan calon pengurus baru yang nantinya akan bekerja bersama dalam melaksanakan program dalam organisasi. Adapun dalam kegiatan ini peserta akan diberikan materi terkait bidang jurnalistik beserta pengimplementasiannya.

Technical Meeting “Welcoming Party”

Technical Meeting “Welcoming Party”

Serangkaian kegiatan dimulai dari pendaftaran, technical meeting serta pengerjaan penugasan. Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2022 mengambil tema “Build a New Character Through Journalism”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu pada tanggal 26 – 27 November 2022 yang berlangsung secara luring di Kantor Ikatan Keluarga Besar Istri PTPN XII Cabang Glantangan Tempurejo, Jember dan diikuti oleh 22 peserta.

Sambutan oleh Wakil Dekan 3

Sambutan oleh Wakil Dekan 3

Hari pertama PJTD pada tanggal 26 November 2022 diawali dengan pembukaan, lalu sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia, yaitu Sheilomita Anjani Nugroho, Ketua Umum LPMKM SINVESTA, Nadivani Nadya Safitri dan Wakil Dekan 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes. yang sekaligus membuka acara. Pembukaan bertempat di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Setelah pembukaan, dilakukan pembacaan doa dan sesi dokumentasi yang dilanjutkan pemberangkatan peserta menuju lokasi PJTD.
Sesi Pemaparan Materi

Sesi Pemaparan Materi

Setelah sampai di lokasi dan selesai merapikan barang, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama terkait PPMI oleh Titania Elsa yang merupakan mahasiswi Universitas Jember sekaligus sekretaris jenderal PPMI(Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia). Materi Kedua adalah fotografi yang disampaikan oleh Wildan Ariyanto yang merupakan lulusan jurusan fotografi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan dilanjutkan dengan implementasi serta penilaian setelahnya. Terakhir untuk materi ketiga disampaikan oleh Jurnalis di Radio Prosalina dan anggota aktif Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember, yaitu Bapak Mohamad Ulil Albab yang membahas mengenai reportase dan kepenulisan berita. Pada sesi pemaparan materi dan diskusi tanya jawab dipimpin oleh moderator yang bertugas.

Sharing Kepengurusan

Sharing Kepengurusan

Agenda berikutnya dilanjutkan pada malam hari dengan sharing kepengurusan. Para peserta antusias mendengarkan dan aktif bertanya. Kemudian dilakukan pertunjukan penampilan dari peserta yang dilajutkan pada sesi wawancara per-divisi.

Penyerahan ID Card Pers kepada anggota baru

Penyerahan ID Card Pers kepada anggota baru

Kegiatan PJTD hari kedua dilaksanakan pada tanggal 27 November 2022 dimulai dengan senam, games, sampai pada pengukuhan dengan pembacaan komitmen oleh peserta dilanjutkan penyerahan ID Card Pers sebagai tanda anggota LPMKM SINVESTA.
Foto bersama

Foto bersama

Semua peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan sangat baik sehingga acara berjalan lancar. Harapannya para peserta dapat mengambil esensi dari penugasan dan kegiatan yang dilakukan serta lebih termotivasi untuk terus bersemangat kedepannya.