Diklat UKM Komplids 30-31 Oktober 2021

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Komplids

Kegiatan pendidikan dan pelatihan anggota baru UKM KOMPLIDS merupakan salah satu kegiatan pelatihan rutin di awal kepengurusan yang ditujukan kepada seluruh anggota baru (embrio) UKM KOMPLIDS tahun 2021. Kegiatan pendidikan dan pelatihan anggota baru UKM KOMPLIDS tahun 2021 mengambil tema “Optimalisasi Peran Generasi Z Menuju Three Zeroes Bebas HIV/AIDS”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 dan pada hari Minggu, 31 Oktober 2021 yang dilakukan melalui aplikasi Zoom meeting.

Hari pertama, terdiri dari beberapa serangkaian acara diantaranya Pretest, pembukaan, penyampaian materi, sesi diskusi dan penutupan. Penyampaian materi pertama terkait Three Zeroes bebas HIV/AIDS oleh Ibu Citra Anggun Kinanthi, S.KM., M.Epid. Materi kedua ialah terkait Publikasi Media yang disampaikan oleh Bapak Taufan Asyrisyah Ode, S.KM., M.Kes. Serta materi ketiga ialah Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh saudari Hilda Nur Abidah. Kemudian di hari kedua pada tanggal 31 Oktober 2021, merupakan sesi wawancara bagi anggota baru UKM KOMPLIDS, serta presentasi penugasan yang telah diberikan. Acara berikutnya, dilanjutkan dengan pemilihan komting UKM KOMPLIDS angkatan tahun 2021 serta pengukuhan anggota baru UKM KOMPLIDS yang dipandu oleh Dr. Elok Permatasari, SKM., M. Kes. selaku Pembina UKM KOMPLIDS.

Pendalaman materi secara teori yang diberikan oleh para pemateri serta diimbangi dengan praktek yang dilakukan oleh para peserta melalui penugasan yang telah diberikan panitia diharapkan kegiatan pelatihan tersebut dapat berjalalan secara efektif dan aktif. Output dari kegiatan tersebut mampu memberikan dampak positif bagi organisasi yaitu dapat memotivasi anggota organisasi agar lebih berkembang, meningkatkan kemampuan dan kapasitas anggota organisasi, serta dapat meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS kepada seluruh anggota UKM KOMPLIDS Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang nantinya akan bertugas untuk terjun langsung ke masyarakat.