Event Cegah Stunting untuk Indonesia Sehat dalam Kegiatan Bulan Kesehatan Jember 2021

Berita Kegiatan Publikasi
Penyerahan secara simbolis paket nutrisi kepada Ibu dan anak

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FKM UNEJ) melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Bulan Kesehatan Jember. Pada program kerja ini BEM FKM UNEJ melakukan penyuluhan dengan rangkaian kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2021 di Kantor Camat Kalisat/ Kantor Desa Kalisat Kabupaten Jember. Dalam penyuluhan ini kami mengangkat tentang “Event Cegah Stunting untuk Indonesia Sehat“. Penyuluhan ini Fakultas Kesehatan Masyarakat berkolaborasi dengan Yatim Mandiri untuk menyukseskan acara Bulan Kesehatan Jember 2021. Namun dalam serangkaian acara yang berkolaborasi dengan Yatim Mandiri ORMAWA Fakultas Kesehatan Masyarakat mengambil terkait penyuluhan stunting pada ibu hamil dan wali.

Bulan Kesehatan Jember 2021 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dilaksanakan Kantor Camat Kalisat/Kantor Desa Kalisat, Kabupaten Jember. Kegiatan ini memiliki 4 agenda, yaitu pemberian paket nutrisi, penyuluhan edukasi stunting kepada ibu hamil dan wali, pemeriksaan tumbuh kembang anak, dan pengobatan umum. Akan tetapi, Fakultas Kesehatan Masyarakat hanya berfokus dengan serangkaian acara penyuluhan edukasi stunting kepada ibu hamil dan wali. Dalam serangkaian acara penyuluhan ini nantinya di akhir kegiatan terdapat  beberapa kegiatan yaitu pemeriksaan tumbuh kembang anak, dan juga simbolisasi paket nutrisi yang diberikan kepada ibu dan wali. Kegiatan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat akan tetapi juga memberikan manfaat bagi kami mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan penyuluhan diselenggarakan pada tanggal 28 November 2021. Sebelum kegiatan penyuluhan berlangsung seluruh panitia mempersiapkan administrasi, konsumsi dan hal-hal yang perlu di siapkan sebelum kegiatan berlangsung. Sembari menunggu pembukaan penyuluhan, para tamu undangan diharapkan mengisi administrasi dan mengambil nomor antrian yang nantinya digunakan untuk cek kesehatan ibu dan bayi.  Tepat pukul 08.00 pembukaan oleh MC formal dengan menyapa tamu undangan, para ibu dan anak, ucapan terimakasih, perkenalan diri serta pembacaan susunan acara kegiatan penyuluhan tersebut. Setelah pembukaan acara diteruskan dengan sambutan – sambutan, sambutan yang pertama oleh Ketua Yatim Mandiri, yang kedua oleh Perwakilan RSUD Kalisat, Yang ketiga oleh Perwakilan Satpol PP Kalisat dan yang terakhir dilanjutkan oleh sambutan Perwakilan Kecamatan Kalisat. Lanjut ke acara selanjutnya yaitu penyuluhan.

Sebelum kegiatan penyuluhan, panitia yang bertugas penyuluhan membuka kegiatan penyuluhan yang diawali dengan perkenalan dari tim penyuluhan terkait stunting. Penyuluhan stunting yang disampaikan oleh Alisa Ulinuha Zulfa, Rohmatin Nafisah dan Aisyah Embun yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama ibu dan wali, selain itu juga dapat mengembangakan softskills mahasiswa Fakultas Kesehatan masyarakat dalam hal penyampaian penyuluhan dengan baik ketika terjun di masyarakat. Penyuluhan  berlangsung dengan baik dan lancar.

Kegiatan selanjutnya adalah  pengecekan kesehatan, dalam rangkaian kegiatan cek kesehatan ini para ibu yang telah mengambil nomor ketika di awal administrasi menunggu panggilan dari panitia cek kesehatan. Cek kesehatan ini dilakukan oleh Puskesmas Kalisat kepada ibu dan anak, untuk mengetahui diagnosis stunting dengan melakukan pemeriksaan fisik termasuk pengukuran berat badan dan tinggi badan. Pemeriksaan penunjang juga diperlukan untuk menginformasi adanya infeksi atau kondisi sakit lain yang dapat menyebabkan stunting. Pada kegiatan cek kesehatan ibu dan anak berjalan dengan lancar kemudian ibu dan anak diberikan paket nutrisi sebagai simbolisasi penyuluhan Stunting. Serah terima paket nutrisi pada ibu dan anak ini juga dengan dilakukan dokumentasi sebagai penutup acara penyuluhan.