FKM Selenggarakan Workshop Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Berita Kegiatan

 

Selain sebagai sebuah wadah pendidikan, perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang terkait ilmu-ilmu yang diampu di perguruan tinggi tersebut. Hal ini merupakan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni : penelitian dan pengembangan. Maka guna menajamkan pelaksanaan penelitian di lingkingan sivitas akademik, FKM Universitas Jember menggelar rangkaian workshop yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Okrober 2017.

Pada workshop hari pertama tanggal 19 Oktober 2017, digelar pembentukan riset grup di lingkungan FKM. Sebagai institusi Kesehatan Masyarakat yang memiliki misi “Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan masyarakat yang berbasis lingkungan dan agro community”, FKM berusaha menyusun agenda penelitian yang relevan dengan visi dan misi lembaga. Kegiatan tersebut menghadirkan Prof. Drs. Dafik, M. Sc., Ph. D. sebagai pemateri pendamping. Agenda yang diikuti oleh tenaga pendidik di lingkungan FKM Universitas Jember tersebut sekaligus melakukan penyusunan roadmap penelitian.

Selanjutnya pada hari kedua dilaksanakan kegiatan pendampingan penyusunan publikasi internasional. Hal ini sebagai upaya mendorong sivitas akademik FKM Universitas Jember untuk mampu menghasilkan publikasi ilmiah internasional yang terindeks oleh lembaga bereputasi, semisal scopus. Sebab salah satu ukuran Kualitas perguruan tinggi pada umumnya dilihat dari seberapa produktif sebuah perguruan tinggi menghasilkan publikasi ilmiah. Kegiatan ini terbagi dalam empat sesi yang membahas tentang “Practice how to check the plagiarism using turnitin, Discussion and practice on how to write a high quality paper, You need to know : ORCID, Scopus, Mendeley, English Prepare serta How to select an appropriate journal and Submission technique”. Hadir sebagai pemateri adalah Tim Akreditasi Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi, Universitas Jember.

Rangkaian kegiatan selama dua hari ini diharapkan meningkatkan kapabilitas penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan oleh tenaga pendidik di lingkungan FKM Universitas Jember, baik yang dilakukan secara mandiri maupun kegiatan yang dilakukan bersama instansi mitra.