Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa 2021 “Brighter Generation for A Better Evolution”

BEM Kegiatan Kemahasiswaan
Flyer Kegiatan Kaderisasi BEM 2021

Pergantian kepengurusan sangat penting dilaksanakan untuk mendapatkan pengurus baru yang lebih berkompeten dan berkualitas. Proses pergantian tersebut dilaksanakan dengan kegiatan kaderisasi, yaitu proses perekrutan (kaderisasi) yang kemudian menjadi tanggung jawab Ketua BEM FKM UNEJ terpilih tahun 2021 untuk mencari pengurus-pengurus baru yang berguna untuk menggantikan pengurus yang berakhir masa jabatan di BEMFKM UNEJ. Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa 2021 yang mengusung tema “Brighter Generation for A Better Evolution” yang berarti bahwa sebagai mahasiswa atau individu yangakan menjadi calon pemimpin kita harus membangun dan meningkatkan jiwa kepemimpinan tersebut melalui sebuah wadah yang dinamakan Badan Eksekutif Mahasiswa dengan solidaritas yang tinggi serta saling berkontribusi dan memegang teguh komitmen dalam menjalankan roda organisasi. Oleh karena itu, dengan adanya kaderisasi BEM FKM UNEJ 2021 ini diharapkan muncul potensi-potensi menjadi seorang pemimpin baru yang berkualitas dan berkompeten sehingga pada periode kepengurusan selanjutnya BEM akan menjadi lebih baik.

Dokumentasi Peserta Kaderisasi BEM 2021

Dokumentasi Peserta Kaderisasi BEM 2021

Kaderisasi merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi dan menjadi inti dari kelanjutan perjuangan organisasi untuk mengelola dan menjalankan roda organisasi. Kaderisasi BEM FKM UNEJ menjadi sebuah wadah bagi seluruh mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Jember untuk menuangkan berbagai gagasan dan invosinya serta sebagai ajang untuk menjaring mahasiswa hebat yang akan meneruskan keberlanjutan kepengurusan di BEM FKM UNEJ pada periode selanjutnya. Kegiatan ini juga menjadi sebuah sarana yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan diri dan mencari pengalaman terkait proses seleksi yang ada dalam sebuah organisasi.

Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan ORMAWA secara luring sesuai surat edaran rektor yang telah beredar. Maka pelaksanaan Kaderasi BEM FKM UNEJ akan dilaksanakan secara daring. Sasaran dalam kegiatan Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa 2021 adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2020 dan 2021 Fakultas Kesehatan Masyarakat. Panitia menerima pendaftaran peserta berjumlah 38 (tiga puluh delapan) secara online.

Pengerjaan penugasan pada tanggal 20-26 Oktober 2021. Penugasaan yang harus di kerjakan adalah penugasan individu, penugasan kelompok, penugasan angkatan. Acara selanjutnya adalah pelaksanaan presentasi CV peserta pada tanggal 27-30 Oktober 2021 dan juri presentasi CV meliputi Wahyu Qurrotania Ayuning Karomatul Iklam, Nizar Maulana Fachriansyah, Salsabila Danila Putri, Rodhotun Nisa, Rosidah Fidiyaningrum.

Dokumentasi Kegiatan Kaderisasi BEM 2021 2

Dokumentasi Kegiatan Kaderisasi BEM 2021 2

Kegiatan inti kaderisasi pada tanggal 6 November diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia saudari Batrisyia Rumidzati, Ketua BEM saudara Farizqy Setiawan Gustama, dan sambutan yang terakhir dari Pembina BEM ibu Reny Indrayani S.KM., M.KKK. Kegiatan Kaderisasi BEM FKM UNEJ 2021 dihadiri oleh saudara Pravasta Ade Pratama, S.KM dan saudari Novita Anggraeni, S.KM sebagai pemateri. Antusias dari peserta yang sangat bersemangat untuk mendengarkan materi yang dipaparkan. Peserta aktif dalam memberikan pertanyaan kepada pemateri. Materi yang disampaikan oleh saudara Pravasta Ade Pratama, S.KM yaitu tentang kepemimpinan. Selanjutnya untuk saudari Novita Anggraeni, S.KM menyampaikan materi tentang manajemen waktu.

Acara selanjutnya di pandu oleh MC untuk pemilihan peserta yang akan memaparkan penugasan menggunakan randomizer yang di bantu oleh panitia. Setelah pemaparan penugasan selesai selanjutnya peserta mempresentasikan penugasan kelompok dan angkatan. Serangkaian kegiatan selanjutnya yaitu sharing dengan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa , SDG’s, problem solving dan outbond. Setiap tahapnya terdapat sebuah penilaian untuk pengukurnya.

Hasil dari kegiatan ini tentu akan memiliki pengaruh besar utamanya bagi seluruh peserta. Meningkatnya minat peserta sehingga dapat meningkatkan pula kemampuanya. Selain itu setiap peserta memiliki bekal yang cukup dalam menambah wawasan dalam pandangan yang dapat membawa perubahan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan ini juga akan merekatkan hubungan antara para peserta. Kegiatan Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa ini menghasilkan pengurus baru Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2022 yang menjabat menjadi staff muda berjumlah 20 orang.

Dokumentasi Peserta Kaderisasi BEM 2021

Dokumentasi Peserta Kaderisasi BEM 2021

Sebagai mahasiswa yang akan menjadi calon pemimpin kita harus membangun dan meningkatkan jiwa kepemimpinan tersebut melalui sebuah wadah yang dinamakan Badan Eksekutif Mahasiswa dengan solidaritas yang tinggi serta saling berkontribusi dan memegang teguh komitmen dalam menjalankan roda organisasi. Oleh karena itu, dengan adanya kaderisasi BEM FKM UNEJ 2021 ini diharapkan muncul potensi-potensi menjadi seorang pemimpin baru yang berkualitas dan berkompeten sehingga pada periode kepengurusan selanjutnya BEM akan menjadi lebih baik.

Penulis : Debbie Masael