Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pencegahan HIV/AIDS untuk Mewujudkan SDG’s melalui Kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2022

Berita Kegiatan Komplids
Permainan tebak gambar untuk anak-anak

Kegiatan Komplids dalam rangka memeringati Hari Aids Sedunia (HAS) tahun 2022 dilaksanakan secara offline.
Pada tahun ini kegiatan HAS Komplids 2022 mengusung tema “The Role of Youth in HIV/AIDS Prevention to Realize the SDG’s (start from us, stop for us)”. Adapun rangkaian acara dalam kegiatan tersebut yaitu sosialisai (Goes to School) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 November 2022 bertempat di MTs Negeri 2 Jember dengan sasaran kegiatan adalah remaja. Sosialisasi dilakukan dengan pemaparan materi mengenai kesehatan reproduksi remaja, kekerasan seksual, dan penyakit HIV/AIDS yang dipaparkan oleh dua pemateri dari internal Komplids. Pemateri tersebut ialah Rifadah Amaniyah dan Sajidah Himayatun Nafisah. Acara terlaksana dengan antusias siswa MTs Negeri 2 Jember sangat baik. Para peserta semangat mendengarkan saat pemateri berbicara dan aktif dalam sesi diskusi. Setelah itu, ada sesi ice breaking membuat para peserta lebih bersemangat lagi dengan adanya permainan yang menyenangkan dan pemberian reward kepada peserta yang aktif.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sosialisasi HIV/AIDS yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 November 2022 di CFD alun-alun Jember. Sasaran kegiatan sosialisasi ini adalah pemuda-pemudi dan anak-anak. Pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan brosur pengetahuan HIV/AIDS kepada pemuda-pemudi dan permainan tebak gambar untuk anak-anak. Terdapat beberapa target sasaran yang dituju tidak mengetahui sama sekali mengenai HIV/AIDS. Adanya penyuluhan ini memberikan manfaat kepada orang awam untuk mengetahui bahaya penyakit ini. Penyampaian penyuluhan juga dikemas dengan bahasa yang sederhana sehingga sasaran yang dituju mudah untuk menerima.

Rangkaian kegiatan sosialisasi yang dilakukan di MTs Negeri 2 Jember dan di Alun-alun merupakan upaya peningkatan pengetahuan kepada masyarakat umum khususnya kepada anak-anak dan remaja. Pengetahuan yang didapatkan peserta adalah tentang bahaya penyakit HIV/AIDS dan pengetahuan bahwa pasien HIV/AIDS tidak untuk dijauhi melainkan didukung. Berikut ini merupakan dokumentasi rangkaian kegiatan HAS Komplids 2022:

Dokumentasi kegiatan Goes to School

Dokumentasi kegiatan Sosialisasi di Alun-alun