Komunitas Sehat di Kampus Ungu

Berita Kegiatan

“Mens sana in corpore sano”. Ungkapan Latin itu diterjemahkan dengan kata. “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat perlu berolahraga. Bila badan kuat dan sehat maka jiwa pun sehat. Kalau jiwa sehat, pikiran menjadi jernih. Tapi kalau jiwa sakit, maka pikiran jernih pun terbang, logika menghilang. Dengan kata lain, fisik dan mental yang kuat, jasmani dan rohani yang sehat, akan menghasilkan individu-individu tangguh.

Guna membangun sivitas akademik yang sehat fisik dan mental ada banyak kegiatan di laksanakan di kampus Universitas Jember, salah satunya kegiatan “Komunitas Sehat” yang digelar rutin tiap bulan. Pada periode Bulan Desember 2017 ini, FKM ditunjuk sebagai host acara. Agenda yang merupakan pertemuan bagi segenap pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dosen, karyawan, dan purna pegawai Universitas Jember dan mahasiswa tersebut terlaksana pada hari jum’at 8 Desember 2017 lalu.

Kegaiatan dimulai dengan senam pagi bersama yang dipandu oleh instruktur dari ibu-ibu purna pegawai Unej. Setelah senam ringan selama kurang lebih 30 menit, acara dilanjutkan dengan seremonial sederhana dari panitia berupa sambutan Dekan FKM dan Rektor Unej. Pada sambutannya Rektor menyambut baik serta menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan komunitas sehat di kampus ungu FKM Universitas Jember.  Pada kesempatan tersebut, Rektor berkenan menyampaikan hadiah kepada empat purna pegawai yang datang paling awal.

Selain mengagendakan senam bersama, kegiatan Komunitas Sehat di FKM juga dibarengi agenda “sehat” lain seperti: pemeriksaan dan konsultasi kesehatan di Posbindu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Donor Darah dari PMI Jember, serta tak lupa promosi kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang disampaikan oleh Dekan FKM Unej. Kegiatan semakin seru saat memasuki sesi “Sarapan Sehat Bersama”. Guna menjamu para peserta yang berasal dari seluruh fakultas dan satuan kerja di lingkungan Unej, panitia menyediakan sajian kuliner : Bakso, Soto Ayam, Lontong Balap, Nasi Jagung, Nasi Pecel dan aneka minuman sehat menyegarkan. Sembari menikmati sarapan, para peserta juga dibuat riuh dengan pengundian puluhan doorprize dari panitia.


Melalui agenda komunitas sehat diharapkan terbangun hubungan baik antara pimpinan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu kegiatan ini diharapkan mendorong segenap sivitas akademik untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan cara beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari, makanan dengan gizi seimbang khususnya buah dan sayur serta rutin melakukan cek kesehatan.