Kuping Emas Sukseskan Peringatan HKN dan Dies Unej Ke 53

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang diperingati pada tanggal 12 November  merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berfokus membangun diri, keluarga, masyarakat dan negara, khususnya di bidang pembangunan kesehatan. Tema HKN kali ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku“. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri dan hidup sehat.

Berorientasi pada salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Masyarakat, Komunitas Penggiat Promosi Kesehatan Masyarakat (KUPING EMAS) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember turut berperan aktif dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53. Kegiatan dilakukan pada hari Minggu,12 November 2017 dengan serangkaian kegiatan diantaranya: Senam CERDIK, cek kesehatan gratis dan pembagian selembaran Germas di lingkungan kampus Universitas Jember.

Senam CERDIK dilakukan bersama keluarga besar Universitas Jember yang saat itu juga bertepatan dengan perayaan Dies Natalis Universitas Jember ke – 53 yang jatuh pada tanggal 10 November 2017. Peserta senam yang berjumlah sekitar 200 orang sangat antusias dan penuh semangat untuk mengikutinya. Senam CERDIK ini mengandung pesan kesehatan yaitu :

C: cek kesehatan rutin,

E: enyahkan asap rokok,

R: rajin olah raga,

D: dietlah dengan seimbang,

I: istirahat cukup,

K: kelola stres dengan baik.

Cek kesehatan gratis untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) juga dilaksanakan di depan gedung Pasca Sarjana Universitas Jember. Cek kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan tensi dan gula darah. Pengunjung sangat antusias untuk mengecek kesehatannya walau harus mengantri terlebih dahulu. Setelah mengecek kesehatan, pengunjung diberi buah untuk menunjukkan pentingnya mengkonsumsi buah bagi kesehatan di setiap harinya.

Pembagian selembaran dilaksanakan di 3 titik lingkungan kampus meliputi: daerah FKG, double way UNEJ dan lapangan utama UNEJ. Selembaran berisi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang dimulai dengan 12 indikator keluarga sehat diantaranya: keluarga mengerti program keluarga berencana (KB), ibu hamil memeriksa kehamilannya sesuai standar, balita mendapatkan imunisasi lengkap, pemberian ASI Ekslusif 0-6 bulan, pemantauan pertumbuhan balita, penderita hipertensi berobat teratur, penderita TB paru berobat sesuai standar, tidak adanya anggota keluarga yang merokok, sekeluarga sudah menjadi anggota JKN, mempunyai sarana air bersih, menggunakan jamban keluarga,  anggota keluarga akses dalam pelayanan kesehatan jiwa.

Harapan dari pembina KUPING EMAS, ibu Mury Ririanty S.KM., M.Kes yaitu semoga inisiasi kegiatan GERMAS yang dilakukan oleh KUPING EMAS bisa benar-benar dilaksanakan oleh seluruh Civitas Akademika dan kegiatan serupa bisa sering dilakukan tidak hanya oleh KUPING EMAS tapi juga oleh komunitas-komunitas kesehatan yang ada di kampus tercinta Universitas Jember.