LKMMTD, Digelar Kembali Setelah Dua Tahun Terhalang Pandemi

BEM Kegiatan
LKMMTD

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar 2022 adalah salah satu program kerja Departemen PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa . Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar 2022 mengangkat tema “Optimalisasi dan Revitalisasi Peran Mahasiswa yang Berintegritas, Berjiwa Sosial Tinggi, serta Kritis dalam Menghadapi Dinamika Kesehatan di Indonesia” dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 9 dan 10 April 2022 di kediaman masing-masing dengan menggunakan media Zoom Meeting. Peserta kegiatan LKMMTD ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Kesehatan Masyarakat dan sebanyak 78 orang menghadiri kegiatan tersebut. Pelatihan ini terdiri atas persiapan kegiatan, pembukaan, acara inti, hiburan, dan penutup.

Acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar 2022 dimulai pada pukul 07.00 dengan kedatangan peserta ke room Zoom Meeting dan dilanjutkan pengisian formulir absensi kehadiran. Selanjutnya pembukaan acara pada pukul 07.15 oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pengambilan dokumentasi oleh panitia yang bertugas. Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Pemberian sambutan dilakukan di hari pertama kegiatan yaitu pada tanggal 9 April 2022 oleh Ibu Dr. Farida Wahyu Ningtyas, S.KM., M.Kes. selaku Dekan FKM UNEJ, dan Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes. selaku Wakil Dekan III. Pemberian sambutan hanya dilaksanakan pada hari pertama kegiatan yaitu pada hari Sabtu tangga 9 April 2022. Setelah pemberian sambutan, acara diambil alih oleh MC Informal . MC memandu acara dengan baik dan bersemangat sehingga dapat menghidupkan acara tersebut.

Terdapat 6 materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut, pada hari pertama tanggal 9 April 2022pemaparan materi pertama (Perumusan Gagasan Awal) oleh Bapak Khoiron, S.KM., M.Sc. yang merupakan Dosen FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Analisis Kondisi Lingkungan dan Perumusan Gagasan Awal”. Pemaparan materi kedua (Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan) oleh Kak Rizky Akbarul, S.KM. yang merupakan Alumni BEM FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Tolak Ukur Keberhasilan, Perencanaan Jadwal Kerja, Dasar-dasar Organisasi, Pengorganisasian Kegiatan atau Kepanitiaan, Komunikasi Antar Unit Kerja, Penjabaran Gagasan Awal ”. Pemaparan materi ketiga (Administrasi) oleh Ibu. Leersia Yusi Ratnawati, S.KM., M.Kes. yang merupakan Dosen FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Administrasi Kesekretariatan, dan Administrasi Keuangan”. Dilanjutkan hari berikutnya pada tanggal 10 April 2022 pemaparan materi keempat (Pengendalian Motivasi) oleh Bapak Tufan Asrisyah Ode, S.KM., M.Kes. yang merupakan Dosen FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Hakikat Motivasi, Pegembalian Keputusan, dan Pengendalian Konflik”. Pemaparan materi kelima (Pengembangan Program Kerja) oleh Ibu Christyana Sandra, S.KM., M.Kes. yang merupakan Dosen FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Teknik Penyusunan Usulan Kegiatan, dan Penyempurnaan Usulan Kegiatan”. Pemaparan materi keenam (Bebagi Pengalaman Model Usulan dan Pelaksanaan Kegiatan) oleh Kak Mahrus Aldiansyah, S.KM. yang merupakan Alumni BEM FKM UNEJ dengan topik yang akan disampaikan yaitu “Contoh-contoh Usulan dan Pelaksanaan Kegiatan di Perguruan Tinggi”.

Dalam  pemaparan  materi  topik yang dibahas sangat sesuai dengan tema yang telah diberikan oleh panitia. Sehingga peserta sangat antusias dalam  menyimak materi yang diberikan. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber dengan fitur rise hand. Sesi diskusi berjalan dengan baik. Peserta cukup aktif dalam memberikan pertanyaan dan bertukar pendapat mengenai materi yang telah dipaparkan. Sesi diskusi pada hari Sabtu tanggal 10 April 2022 terlihat lebih interaktif jika dibandingkan dengan sesi diskusi pada hari Minggu tanggal 9 April 2022.

Acara selanjutnya adalah pemberian hiburan dengan  adanya  Ice Breaking yang diikuti oleh seluruh peserta. Sesi ini berlangsung meriah  karena  Ice Breaking yang diberikan cukup menantang karena sangat inovatif. Pelaksanaan Ice Breaking  sesuai dengan waktu yang telah disusun oleh Sie Acara.

Acara selanjutnya yaitu penutupan acara oleh MC dan pemberian formulir absensi  kedua kepada  peserta. Penutupan  pada hari Minggu tanggal 6 Maret 2022 diisi dengan pemberian closing statement, pembacaan doa, penyampaian kesan dan pesan dan diakhiri dengan sesi dokumentasi oleh peserta, panitia, dan pemateri. Acara pelatihan kepenulisan dan reportase atau wawancara diakhiri dengan adanya evaluasi panitia dengan  membahas setiap hal yang berkaitan dengan acara, mulai dari persiapan hingga acara selesai.