Lomba Paduan Suara Antar-Fakultas Tahun 2022 PSM Gita Pusaka

Berita Gita Pusaka Kegiatan Kompetisi
Perlombaan LPSA 2022

Paduan suara merupakan gabungan sejumlah penyanyi yang mengkombinasikan beragam jenis suara ke dalam suatu harmoni. Komposisi personel yang ada di dalam paduan suara adalah laki-laki saja atau perempuan saja, maupun campuran dari laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, jika pengelompokan dari sisi usia, antara lain paduan suara anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan lansia. Dalam satu grup paduan suara biasanya diisi oleh 15 orang atau bisa juga lebih dan dipimpin oleh satu orang yang biasa disebut dengan dirigen atau choirmaster.

LPSA atau Lomba Paduan Suara Antar-Fakultas merupakan lomba paduan suara tingkat fakultas di Universitas Jember yang dilaksanakan pada setiap tahun dan diadakan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember. Setelah adanya pandemi, pada tahun ini LPSA diadakan kembali. LPSA tahun 2022 diikuti oleh mahasiswa Angkatan 2021. Pendaftaran LPSA 2022 dimulai pada 13 Oktober-27 Oktober 2022. Kemudian technical meeting yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2022, gladi bersih yang dilaksanakan pada tangaal 11 November 2022, dan pelaksanaan lomba pada tanggal 12 November 2022.

Persiapan lomba dimulai dengan diadakannya seleksi pada seluruh mahasiswa angkatan 2021 FKM UNEJ. Setelah itu, mahasiswa yang terpilih akan melakukan latihan rutin yang dilaksanakan mulai bulan September 2022. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas vocal para anggota maka didampingi pelatih dalam setiap latihannya. Awalnya, latihan rutin dilaksanakan pada setiap hari senin-jumat dengan jam menyesuaikan. Akan tetapi, ketika mendekati hari-H perlombaan maka latihan rutin dilaksanakan setiap hari dengan jam menyesuaikan. Pada LPSA tahun 2022 ini lagu yang dilombakan adalah hymne Unej, Mars Unej, dan 1 lagu bebas yaitu sigulempong. Pada LPSA tahun 2022 ini, FKM UNEJ belum mendapatkan juara. Diharapkan untuk LPSA tahun 2023 FKM UNEJ bisa meraih juara.