Mawapres Academy 2022: “Build Your Intelligence and Show Up Your Potential”

BEM Kegiatan
Mawapres Academy 2022

Kegiatan Mawapres Academy 2022 dengan tema “Build Your Intelligence and Show Up Your Potential” dilaksanakan sebagai kegiatan yang berguna untuk memberikan pandangan dan informasi mengenai lebih detail mengenai Pilmapres serta Mawapres. Dengan hal ini mahasiswa FKM UNEJ memiliki pandangan apa yang perlu untuk dipersiapkan sebagai seorang Mawapres. Kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai Mawapres langsung kepada narasumber terkait.

Kegiatan Mawapres Academy ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh BEM FKM UNEJ sehingga setiap angkatan baru dapat memiliki bekal yang cukup mengenai Pilmapres. Kegiatan pada tahun ini dilaksanakan secara daring dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum memungkinkan untuk mengadakan kegiatan secara luring.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari di tanggal 30 April 2022 via Zoom Meeting di kediaman peserta masing-masing dengan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dari kegiatan ini yakni pemberian materi dan tahap kedua yakni challenge yang sudah disiapkan oleh pihak panitia. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, Ketua BEM, Pembina BEM FKM UNEJ, serta Dekan FKM UNEJ. Setelah sesi pembukaan kegiatan, acara selanjutnya yakni sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Mawapres Utama Nasional yakni kak Refa Rahmaddiansyah, S.Ked. dengan moderator kak Liesna Lusyana Nur yang merupakan Mawapres FKM UNEJ. Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh kak Dina Aulina Putri, S.KM yang merupakan Mawapres FKM UNEJ tahun 2019 dengan moderator kak Fiskan Adi Susanto yang merupakan 1st Runner Up Mawapres FKM UNEJ. Pada setiap pemaparan materi terdapat beberapa penanya dari peserta maupun dari pihak panitia. Kegiatan dilanjutkan dengan Ice breaking berupa games yang sudah disiapkan oleh panitia serta pemaparan challenge yang akan menjadi acara terakhir pada kegiatan Mawapres Academy 2022 kali ini.

Beralih pada tahap kedua yakni pengerjaan challenge yang dimulai pada tanggal 28 April hingga 20 Mei 2022 dan hasil dari penjurian akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2022. Kegiatan tahap kedua ini menghasilkan dua pemenang dengan karya MAMAGI serta TALENTYZ.

Hasil dari kegiatan Mawapres Academy 2022 kali ini dinilai dapat memberikan dampak yang besar pada peserta kegiatan. Peserta kegiatan dapat mengetahui dan mendapat informasi lebih sebelum adanya pembukaan Pilmapres tahun 2022 nanti. Selain itu setiap peserta dapat mengaplikasikan hasil dari materi yang didapatkan melalui challenge yang sudah diberikan oleh panitia berupa pembuatan gagasan ide kreatif. Kegiatan ini diharapkan dapat diadakan di tahun mendatang sehingga dapat memberikan dampak positif kepada calon peserta di tahun berikutnya.

Penulis : Rizki Amelia