Open Recruitment Ormawa FKM Universitas Jember

Kegiatan Kemahasiswaan Pengumuman

Organisasi kemahasiswaan (intra perguruan tinggi) adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Keberadaan ormawa (organisasi kemahasiswaan) adalah bagian pembinaan soft skill mahasiswa. Berkat pembinaan dan aktivitas mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan ormawa, mahasiswa FKM Universitas Jember tampil di tingkat lokal, regional dan nasional.

Di awal kepengurusan ormawa periode 2016/2017 ini, sejumlah organisasi mahasiswa telah menyiapkan kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) guna merekrut anggota baru  atau pelatihan untuk menambah wawasan pengurus dan anggota. “Parade” Diklat ormawa FKM Universitas Jember dimulai pada tanggal 18 Maret 2017. Pada hari sabtu, 18 Februari UKM Komunitas Mahasiswa Peduli AIDS (Komplids) mengadakan tes tulis dan wawancara bagi calon anggota baru. Selanjutnya calon anggota akan mengikuti diklat ruang pada tanggal 25-26 Februari serta diklat lapang pada tanggal 4-5 Maret 2017. Pada tanggal 18-19 Februari 2017, UKM Pecinta Alam “Mapakesma” juga melaksanakan diklat ruang yang akan dilanjutkan dengan diklat lapang pada tanggal 24-25 Maret 2017. Pada hari yang sama, 18-19 Februari 2017, UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Pusaka menyelanggarkan musyawarah besar II untuk sosialisai kegiatan PSM pada tahun 2017 pada segenap pengurus dan anggota baru “Gita Pusaka”.

Sementara itu, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) akan melakukan diklat bagi para “legislator mahasiswa” FKM yang terpilih pada bulan Desember 2016 lalu. Diklat BPM dilaksanakan 4 Maret 2017 yang dilanjutkan dengan diklat lapang pada tanggal 11-12 Maret 2017. Pada waktu yang hampir bersamaan, UKM Kerohania Islam “Ash Shihah” melaksanakan diklat sekaligus open recrutmen pada hari ahad, 5 Maret 2017 bertempat di kampus FKM Universitas Jember.

Arek Kesehatan Masyarakat atau “Arkesma” yang merupakan UKM Olah Raga FKM, melaksanakan diklat pada tanggal 11 dan 12 Maret 2017. Pada waktu yang sama, UKM Penalaran Mahasiswa “Lentera” juga melaksanakan pelatihan bagi calon anggota baru  pada tanggal 12 Maret 2017. Sementara UKM Pers Mahasiswa “Sinvesta” melakukan rekrutmen anggota baru melalui diklat ruang pada tanggal 18 Maret dan diklat lapang keesokan harinya, 19 Maret 2017. Pada hari yang sama (18-19 Maret) UKM Seni Ph 9 juga melaksanakan diklat ruang bagi calon anggota barunya. Adapun diklat lapang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2017. Pasca diklat anggota baru, biasanya akan dilanjutkan dengan aplikasi seni berupa pementasan seni oleh para anggota baru UKM Seni Ph 9.

Rangkaian diklat yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa (ormawa) di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember akan ditutup dengan pelaksanaan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM –TD).  Pelatihan ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM Universitas Jember pada tanggal 25-26 Maret 2017. Melalui sejumlah diklat ini diharapkan terjadi peningkatan soft skill mahasiswa dengan ketrampilan sesuai dengan materi kemampuan yang diaplikasikan di masing-masing ormawa.(ag)