Penerapan Kreativitas Seni Unit Kegiatan Mahasiswa PH~9 melalui Pagelaran Seni dengan Tema “Alice’s World: The Truth Untold”

Kegiatan PH-9

Keberagaman seni dan budaya Indonesia merupakan identitas bangsa dan modal kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, kesenian Indonesia patut untuk dilestarikan di antara kemajuan dunia agar terus mengalir dan dikenali oleh generasi selanjutnya. Unit Kegiatan Mahasiswa Seni PH~9 memiliki fungsi untuk sebagai wadah dalam menggali potensi kreativitas seni, memiliki inisiatif untuk terus mengalirkan jiwa seni sebagai upaya pelestarian seni baik kepada anggota penggiat seni maupun masyarakat luas. Maka dari itu, Unit Kegiatan Mahasiswa Seni PH~9 melalui salah satu program kerjanya yaitu Pagelaran Seni UKMS PH~9 2021 yang berguna sebagai salah satu upaya bentuk penerapan kreativitas seni anggota dan diharapkan menjadi ajang untuk mengembangkan kompetensi berbagai ekspresi seni serta mengenalkan seni kepada masyarakat luas.

Pagelaran Seni UKMS PH~9 dilaksanakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB melalui Zoom Meetings pada kediaman masing. Kegiatan ini membawakan tema “Alice’s World : The Truth Untold” yang di dalamnya terdiri dari berbagai bidang seni yaitu teater, musik, tari, dan juga seni rupa. Kegiatan ini memiliki sasaran mulai dari mahasiswa anggota UKMS PH~9, seluruh masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, serta pada hadirin penikmat seni seluruh Indonesia. Kegiatan Pagelaran Seni UKMS PH~9 menampilkan berbagai bidang kesenian. Penampilan yang ditampilkan pada kegiatan ini adalah penampilan Museum Rupa yang di mana pada penampilan ini akan menampilkan hasil karya-karya lukisan dari anggota PH~9. Selanjutnya terdapat penampilan dari seni tari dengan membawakan tarian “Tari Emprak Blitar”. Selanjutnya penampilan dari seni musik dengan membawakan musikalisasi puisi yang bertemakan tentang sebuah pasangan yang terlibat dengan perbedaan agama. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan seni teater dengan menggabungkan seni tari dan musik. Sebelum masuk pada teater, ditampilkan penampilan dari tari dengan membawakan “Tari Sapuh” yang merupakan cover dari tarian Rproduction Company. Lalu masuk pada teater sendiri yang membawakan penampilan berjudul “Analogi Nurbaya” dengan diakhiri oleh penampilan musik dengan membawakan lagu berjudul “Simfoni Hitam”.

Kegiatan Pagelaran Seni UKMS PH~9 2021 telah berjalan dengan baik dan mendapatkan apresiasi positif dari para partisipan/penonton yang hadir menyaksikan pementasan seni. Diharapkan dari kegiatan ini maka dapat menjadi upaya mengalirnya dan menjaga seni di Indonesia.