Panduan Literature Review FKM Unej 2020

Berita Download Pengumuman

Download: PANDUAN LITERATURE REVIEW FKM UNEJ 2020

World Health Organization (WHO) telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi sejak 11 Maret 2020. Universitas Jember sebagai salah satu institusi Perguruan Tinggi menanggapi kondisi tersebut dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4687/UN25/LL/2020 tentang Pencegahan COVID-19 di lingkungan Universitas Jember. Berdasarkan surat edaran tersebut seluruh warga Universitas Jember diminta untuk melaksanakan kegiatan akademik secara daring termasuk dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di tingkat fakultas dan universitas. Pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemic COVID-19 menimbulkan tantangan bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember diharuskan melakukan penelitian yang akan menjadi skripsi mereka. Surat Edaran Rektor Universitas Jember diterbitkan dan diberlakukan pada saat proses pembelajaran semester genap tahun ajaran 2019/2020 dan mulai diberlakukan sejak bulan Maret 2020. Pada masa tersebut, mahasiswa sedang berada pada berbagai tahapan penyusunan skripsi, ada mahasiswa yang sedang berada dalam tahap penyusunan proposal, tahap penyusunan proposal sudah selesai, dan akan memasuki tahap pengumpulan data di lapangan. Metode pengumpulan data di lapangan dengan wawancara menggunakan kuesioner, wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah, penelusuran dokumen, dan bahkan pengamatan perilaku kesehatan tidak dapat dilakukan karena memerlukan kehadiran fisik mahasiswa di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data secara langsung tersebut tidak dimungkinkan dilaksakan akibat adanya pandemic COVID-19.

Kebijakan social distancing dan physical distancing yang mengatur pencegahan transmisi COVID-19 dengan mengeluarkan kebijakan agar setiap orang harus menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, cuci tangan dnegan sabun atau menggunakan hand-sanitizer dalam kondisi sulit mendapatkan air dan sabun juga memungkinkan metode pengumpulan data langsung menjadi tidak mungkin. Data kasus positif COVID-19 yang masih terus mengalami peningkatan di berbagai wilayah di Indonesia, maka masih sangat tidak dianjurkan bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember untuk mengumpulkan data secara fisik. Dan Rektor Universitas Jember juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa pembelajaran daring akan tetap dilaksanakan hingga semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka para dosen di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jemebr memutuskan bahwa mahasiswa diperbolehkan untuk menyusun skripsi menggunakan metode Literature Review, dalam Bahasa Indonesia disebut Telaah Literatur. Kebijakan ini juga didukung dengan keputusan Dekan dalam rapat bersama pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Oleh karena itu, perlu disusun sebuah pedoman praktis bagi mahasiswa untuk menyusun skripsinya menggunakan metode literature review. Pedoman ini tentunya akan bersifat dinamis, mengikuti perkembangan penyusunan skripsi dengan menggunakan literature review, dan menggunakan pengalaman nyata untuk merevisi pedoman. Dan selanjutnya diharapkan dapat dihasilkan pedoman baku dan bermutu yang tidak hanya berdasarkan teori namun juga pengalaman dalam menggunakan metode literature review ini.

Tujuan umum:

Panduan ini bertujuan untuk memberikan arahan bagi mahasiswa yang berminat menyusun skripsi atau naskah ilmiah menggunakan literature review.

Tujuan khusus:

Setelah mempelajari panduan ini maka diharapkan pembaca memiliki:

  1. Pengetahuan dan pemahaman tentang kaidah-kaidah penggunaan literature review.
  2. Pengetahuan dan pemahaman tentang langkah-langkah sistematis literature review.
  3. Pengetahuan dan ketrampilan dalam pencarian data melalui database online.
  4. Pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan analisis cermat terhadap pustakayang dibaca, dengan menggunakan panduan critical appraisal
  5. Pengetahuan tentang hal-hal yang harus dihindari dalam menyusun skripsi atauartikel ilmiah menggunakan literature review.
  6. Kemampuan menghasilkan skripsi atau artikel ilmiah yang disusun berdasarkan

    kaidah dan sistematika literature review.