Pelatihan Internal Gita Pusaka: Kembangkan Skill Bermusik dan Bernyanyi Anggota Aktif

Gita Pusaka Kegiatan
Sesi pelatihan gitar

Pengetahuan tentang teknik dan aplikasi dalam bidang suara sangat penting. Dalam setiap perlombaan teknik vokal merupakan salah satu point penting, bahkan memiliki proporsi nilai tinggi dalam penilaian. Keseimbangan suara dengan music atau lagu, ketepatan notasi dan juga penampilan merupakan poin-poin yang masuk dalam penilaian. Poin-poin penilaian tersebut tidak mudah dalam menyeimbangkannya sehingga dibutuhkan pembelajaran pembelajaran khusus agar dapat menghasilkan penampilan yang baik. Salah satu wadah pengembangan materi vokal dan meningkatkan kemampuan keterampilan vokal adalah kegiatan Pelatihan Internal.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan internal rutin diagendakan setiap tahunnya, pada tahun ini mengusung tema “Peningkatan Skill Bermusik dan Bernyanyi Anggota Aktif Gita Pusaka melalui Pelatihan Internal Gita Pusaka 2022” yang dilakukan pada hari Minggu, 04 September 2022 pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Dilakukannya pembentukan kepanitiaan pada bulan Agustus 2022 dan rapat koordinasi pada bulan Agustus 2022. Pelatihan Internal diikuti oleh seluruh anggota aktif UKM PSM Gita Pusaka angkatan 2019, 2020, dan 2021. Rangkaian kegiatan pelaksanaan yakni dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama Latihan Vokal (pemaparan materi & praktik) oleh Tiurma Esther Siahaan bersama staf pelatihan lainnya. Dan sesi kedua Latihan Alat Musik (pemaparan materi & praktik) alat musik gitar oleh R Moh. Dimas Maulana, dan alat musik keyboard oleh Daniel Bryca Pradinata. Diantara sesi 1 dan sesi 2 diberikan jeda untuk pemberian games/ice breaking kepada seluruh peserta yakni tebak lagu dan peserta yang mendapat point terbanyak akan mendapatkan hadiah.

Kegiatan “Peningkatan Skill Bermusik dan Bernyanyi Anggota Aktif Gita Pusaka melalui Pelatihan Internal Gita Pusaka 2022” memberikan pengetahuan tentang teknik olah vokal dan meningkatkan pengetahuan tentang bermain alat musik para anggota sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan rasa kepercayaan diri anggota Gita Pusaka dalam bernyanyi dan bermain alat musik. Kegiatan ini juga melatih kemampuan dalam menjalankan kegiatan dan perorganisasian yang ditunjukkan melaui keaktifan, keikutsertaan dan kontribusi setiap anggota Gita Pusaka.