Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa menjadi Promotor Kesehatan melalui Pelatihan Pembuatan Media Promosi Kesehatan dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut I

Berita Kegiatan Sinvesta

Seiring berkembangnya pengetahuan di berbagai bidang keilmuan, terutama di bidang jurnalistik, menulis features merupakan salah satu keterampilan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, features memiliki banyak manfaat seperti menambah pengetahuan bagi orang awam tentang berbagai macam hal. Selain itu, features juga berfungsi sebagai sarana untuk melengkapi sajian berita langsung, memberi informasi terkait situasi, kondisi, maupun peristiwa yang sedang terjadi, dan sekaligus dapat menjadi hiburan serta pengembangan imajinasi seseorang. Banyaknya manfaat yang dapat diterima dari menulis features membuat LPMKM Sinvesta menjadikannya sebagai indikator dalam Pelatihan Tingkat Lanjut guna melatih keterampilan para anggota maupun masyarakat umum yang berminat di bidang tersebut. Selain mengenal lebih jauh tentang features, tujuan diadakannya pelatihan ini juga agar para peserta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari maupun berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut I tahun 2022 mengusung tema “Be Critical Journalist for the Betterment of Media”. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari pada hari Sabtu dan Minggu pada tanggal 23 sampai 24 Juli 2022 dengan menggunakan media Zoom Meeting. Meski dilaksanakan secara daring, namun peserta yang hadir pada acara ini terbilang cukup banyak karena rasa ingin tahu lebih dalam tentang features itu sendiri. Dalam kegiatan ini LPMKM Sinvesta Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember mengundang dua pemateri berpengalaman di bidang jurnalistik, yaitu Kak Abdul Haq dan Kak Ira Rachmawati.

Kak Abdul Haq merupakan pemimpin redaksi LPM ALFIKR Universitas Nurul Jadid sejak 2021 hingga sekarang. Berbagai pengalaman pelatihan yang dimiliki oleh beliau salah satunya, yaitu Pelatihan bagi Mahasiswa Jurnalistik dan Lembaga Pers Mahasiswa: Kampanye Pelaporan Jurnalistik Berbasis Korban pada Kasus Penanganan Orang, IOM yang diadakan pada tahun 2022. Materi yang dibawakan oleh Kak Abdul Haq  pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL)  adalah “Dasar-dasar Features. Dalam materinya, Kak Abdul Haq menjelaskan pengertian, sifat-sifat, perbedaan features dengan berita pada umumnya, serta memberikan contoh features. Materi selanjutnya disampaikan oleh pemateri kedua, yaitu Kak Ira Rachmawati yang merupakan ketua organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Jember. Beliau aktif mengikuti kegiatan pelatihan, seperti yang terbaru yaitu Workshop Meliput Isu Keberagaman di Tahun Politik bersama Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman tahun 2018. Pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2022 beliau membawakan materi dengan tema “Implementasi, Tips, dan Trik Menulis Features. Dalam penyampaian materi, beliau menjelaskan kembali definisi dari features, kemudian membahas tentang jenis-jenis features, serta memberikan contohnya. Selain itu, beliau juga memberitahun tentang sifat maupun karakteristik features dan memberikan tips dalam menulis features. Kak Ira Rachmawati juga bersedia untuk menjadi Reviewer penugasan di hari kedua. Beliau menjelaskan terkait kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat menulis features. Beliau juga memberikan apresiasi kepada beberapa peserta yang karyanya dianggap sesuai dengan kriteria features yang benar.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2022 berjalan dengan baik. Mulai dari peserta, pemateri, hingga tamu undangan dapat menikmati kegiatan ini dengan sebaik mungkin. Para peserta antusias dengan materi yang dibawakan oleh pemateri, dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan saat sesi diskusi berlangsung dan para peserta juga berpartisipasi aktif mengumpulkan penugasan yang telah diberikan oleh panitia. Selain saat sesi diskusi, antusiasme peserta juga dapat dilihat saat sesi games berlangsung. Games yang diberikan cukup menarik dengan bahan materi yang telah dijelaskan oleh pemateri sebelumnya. Walau begitu peserta berusaha keras demi mendapatkan kemenangan, sehingga para peserta cukup kompetitif namun tetap tertib dalam memeriahkan acara. Hingga di penghujung acara dapat selesai dengan baik dan ditutup oleh MC kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2022.