Optimalisasi Layanan Kegiatan Daring Melalui Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan Zoom Meeting Tenaga Kependidikan

Berita Kegiatan Publikasi
Optimalisasi Layanan Daring Tendik

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang besar bagi perubahan tatanan kehidupan manusia. Tatanan kehidupan baru dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus SARSCOV-2. Demikian  halnya dengan dunia pendidikan, sejak ditetapkannya bahwa COVID-19 telah masuk di Indonesia pada bulan Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengeluarkan kebijakan strategis terkait kegiatan pembelajaran  harus dilakukan secara daring/online.

Optimalisasi Layanan Daring Tendik

Optimalisasi Layanan Daring Tendik

Kegiatan daring  tidak hanya terkait kegiatan  pembelajaran, namun juga kegiatan lain seperti kegiatan ormawa, kegiatan seminar/conference serta kegiatan meeting yang dengan kapasitas peserta yang besar. Untuk mendukung proses kegiatan daring tersebut perlu ada upaya adaptasi baru dan dengan jumlah  personil tendik 36 orang, hanya 2 orang yang mampu untuk mengelola kegiatan daring. Di sisi lain, frekuensi dan load kegiatan daring semakin meningkat. Oleh karena dengan adanya kegiatan ini dapat menambah kapasitas sumber daya manusia di FKM terutama tenaga tendik untuk optimalisasi layanan kegiatan daring.

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember mengadakan kegiatan Optimlisasi Layanan Kegiatan Daring Melalui Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan Zoom Meeting Tenaga Kependidikan di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember pada hari Sabtu dan Minggu, 7-8 november 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan FKM tentang pengelolaan zoom  meeting dengan mengenalkan fitur zoom, pengelolaan akun zoom dan me-link-kan zoom dengan streaming youtube. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat sejumlah 36 orang secara aktif.

Optimalisasi Layanan Daring Tendik

Optimalisasi Layanan Daring Tendik