Peluang Pemuatan Artikel Gizi Masyarakat dalam Jurnal Berbasis OJS

Berita Kegiatan

 

Publikasi artikel dalam sebuah jurnal ilmiah merupakan salah satu puncak pencapaian dalam sebuah karya ilmiah karena hal ini  akan memperkaya literasi masyarakat sekaligus menjadi bahan diskusi dan dialog untuk menemukan solusi atas pelbagai permasalahan di masyarakat. Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (ulasan sejawat)

FKM Universitas Jember sebagai institusi pendidikan yang secara regular menghasilkan karya ilmiah, baik karya ilmiah dosen maupun mahasiswa, senantiasa mendorong publikasi karya ilmiah tersebut dalam berbagai media ilmiah, baik online maupun jurnal ilmiah terbitan cetak. Guna memberi ruang yang lebih luas dalam publikasi artikel ilmiah, FKM menggelar Pelatihan Penulisan Ilmiah Nasional Berbasis Open Journal System (OJS).

Pelatihan yang digelar pada 24 November 2017 ini menghadirkan tim pemateri dari FKM Universitas Airlangga Surabaya, diantaranya : Mahmud Aditya Rifqi, M. Si., Tria Mahmudiono, S. KM., M. PH (Nutr), GCAS, Ph. D., dr. Farapti, M. Si., dan Emalia Rhitmayanti, MP. Selain menyampaikan materi tentang penulisan ilmiah, tim pemateri yang berlatar keilmuan gizi, memperkenalkan dua jurnal ilmiah, yakni : Amerta Nutrition dan Jurnal Media Gizi Indonesia.

Wakil Dekan I FKM Universitas Jember, Dr. Farida Wahyu Ningtyias, S. KM., M.Kes.  mendukung sivitas akademika FKM Universitas Jember (dosen dan mahasiswa) untuk mempublikasikan karya-karya ilmiahnya pada kedua jurnal tersebut. Bu Farida yang juga merupakan anggota Dewan Redaksi (Editorial Board Member) dari e-Journal Amerta Nutrition menyampaikan bahwa kedua jurnal online ini dapat mengakomodasi berbagai artikel ilmiah yang dibuat oleh sivitas akademika FKM Universitas Jember, khususnya bagi dosen dan mahasiswa dari Bagian Gizi Masyarakat.

Melalui sejumlah pelatihan penulisan ilmiah yang diselenggarakan sejak bulan September 2017, FKM berusaha terus mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa sehingga layak untuk dipublikasikan dalam berbagai Jurnal Imiah Nasional maupun Internasional terakreditasi.