Pengajian dan Tasyakur atas Kinerja FKM Unej di Tahun 2016

Berita Kegiatan
maulid nabifkmunej1438

 

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Demikianlah firman Allah swt dalam QS. Al Ahzab : 21. Surat tersebut dibaca oleh M. Fajril Falaach, Juara I Tilawah MTQ Mahasiswa Universitas Jember tahun 2016 pada acara Siraman Rohani bagi Keluarga Besar FKM Universitas Jember. Pada kesempatan tersebut Fajril membacakan QS. Al Ahzab 21 sampai 24. Selanjutnya pembacaan terjemah QS. Al Ahzab 21-24 oleh Fitria Khusnul Fadhilla, Juara KTI Alqur’an MTQ Mahasiswa Universitas Jember tahun 2016. Acara juga diramaikan dengan penampilan grup hadrah Al Banjari dari UKM Kerohanian Islam Ash Shihah FKM Universitas Jember.

Menurut Dekan FKM Universitas Jember, Irma Prasetyowati, S.KM., M.Kes, acara siraman rohani tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati maulid nabi muhammad saw 1438 H sekaligus tasyakur atas kinerja positif yang diraih oleh dosen dan karyawan serta sejumlah prestasi yang diraih oleh  mahasiswa FKM Universitas Jember pada sepanjang tahun 2016 ini, baik prestasi tingkat lokal hingga level Nasional. Pada acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa FKM Universitas Jember, panitia menghadirkan dua orang mubaligh, yakni: KH.Muhammad Balya Firjaun Barlaman atau Gus Firjoun yang merupakan puitra bungsu KH. Ahmad Shidiq dan Ust. Khalil Anwar dari Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Ust Anwar yang didaulat sebagai pembicara pertama menerangkan tentang pentingnya cinta pada Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya iman bukanlah sekedar yakin dan percaya, namun iman menghadirkan kecintaan dan cinta menggerakkan seseorang beramal dalam kesehariannya sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Dan sesungguhnya seseorang akan bersama orang yang dicintainya. Jika ia cinta Rasulullah, maka insyaAllah ia akan masuk surga bersama rasulullah saw. Sementara Gus Firjoun yang tampil pada kesempatan kedua menguatkan isi ceramah ust. Anwar. Beliau menekankan tentang pentingnya beramal sesuai tuntunan Rasulullah saw agar kelak mendapat syafaat dari beliau.(ag)