Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) SINVESTA 2021: Prepare Yourself to be a Part of Future Journalism

Kegiatan Kemahasiswaan Sinvesta
Dokumentasi Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) SINVESTA 2021- Prepare Yourself to be a Part of Future Journalism 1

Pers mahasiswa adalah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik. Berbeda dengan dunia jurnalistik pada umumnya, pers mahasiswa biasanya diisi oleh para mahasiswa yang berpikiran kritis, peduli terhadap lingkungan sekitarnya, dan tertarik dengan dunia jurnalistik. Kepedulian tersebut tentu saja berperan sangat penting khususnya dalam kesehatan masyarakat. Lembaga Pers Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (LPMKM) SINVESTA adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai peran penting dalam penyebaran informasi seputar kesehatan serta berbagai kegiatan yang dilaksanakan terutama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang memiliki tujuan untuk terwujudnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

LPMKM SINVESTA menjadi pilar promosi kesehatan serta publikasi informasi seputar kesehatan di FKM UNEJ. Kegiatan itu dilakukan melalui berbagai media seperti poster, artikel berita, film pendek, video edukasi, iklan layanan masyarakat, podcast, maupun promosi kesehatan secara langsung. Untuk menciptakan media dan berita kesehatan yang berkualitas, kemampuan anggota LPMKM sinvesta dalam bidang jurnalistik perlu diasah melalui sebuah pelatihan.

 Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) SINVESTA 2021 bertema Prepare Yourself to be a Part of Future Journalism. Tema ini berisi ajakan kepada calon anggota baru LPMKM SINVESTA untuk mempersiapkan dan melatih kemampuannya melalui PJTD untuk menghadapi tantangan jurnalisme di masa depan. Masalah kesehatan yang semakin kompleks menuntut calon anggota baru untuk lebih kritis dan berwawasan luas. Dengan dibekali materi dan pelatihan terkait dasar pers mahasiswa, fotografi, kepenulisan, reportase, serta desain diharapkan peserta mampu mengimplementasikannya dalam perannya sebagai pers mahasiswa.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) SINVESTA 2021- Prepare Yourself to be a Part of Future Journalism 2

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) SINVESTA 2021- Prepare Yourself to be a Part of Future Journalism 2

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 27-28 November 2021  ini diikuti oleh 25 calon anggota baru LPMKM SINVESTA secara daring dari kediaman masing-masing. Hari pertama diisi dengan 3 materi yaitu Pers Mahasiswa dan PPMI oleh Luki Andriyanto dari PPMI DK Jember, reportase dan penulisan berita oleh Muhammad Faizin Adi dari AJI (Aliansi Jurnalistik Indonesia) Jember, dan materi desain oleh  Rygen K. Yudha dari Jawa Pos Radar Yogya. Di hari kedua diisi dengan materi fotografi dari Ferryan Akbar Syah Putera dan dilanjut dengan wawancara divisi serta pelantikan anggota baru.

Meski tidak bertatap muka secara langsung, hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta dalam memperhatikan materi yang dipaparkan oleh pemateri yang luar biasa. Rasa ingin tahu peserta juga tampak dari antusiasme mereka saat dibuka sesi diskusi, mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis berkaitan dengan materi yang disampaikan. Diharapkan pengetahuan dan keterampilan calon anggota baru LPMKM SINVESTA dapat berkembang melalui PJTD ini sehingga dapat bermanfaat kedepannya baik dalam lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember maupun kelak di masyarakat.

Penulis: Wahyu Dwi Lukita