POS PENALARAN DAN PENULISAN MAHASISWA (P3M)

Kegiatan Kemahasiswaan Lentera

Pos Penalaran dan Penulisan Mahasiswa (P3M) Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkar Penelitian dan Penalaran (LENTERA) merupakan kegiatan rutin di awal kepengurusan untuk memfasilitasi anggota baru dalam melatih membuat karya tulis ilmiah. Di dalam kegiatan ini, anggota baru Lingkar Penelitian dan Penalaran (LENTERA) diberikan pengetahuan mengenai penyusunan karya tulis ilmiah baik secara teori maupun untuk pengaplikasiannya dalam sebuah karya hingga mengirimkan hasil karya tersebut ke lomba-lomba karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui media Group WhatsApp, Zoom Meeting serta Google Meet dengan mengangkat tema “Membangun Jiwa Menulis Menuju Mahasiswa Terampil dan Kritis”. Tujuan dari kegiatan P3M adalah untuk mempersiapkan mahasiswa FKM UNEJ terkhususnya anggota UKM LENTERA yang mampu menuangkan ide kreatif, inovatif ke dalam sebuah karya tulis yang nantinya akan menjadi wujud nyata dari kontribusi intelektual yang  di harapkan Universitas Jember.

Peserta kegiatan Pos Penalaran dan Penulisan Mahasiswa (P3M) adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkar Penelitian dan Penalaran (LENTERA) FKM Universitas Jember pada tahun 2020 dan beberapa mahasiswa 2019 dengan total peserta sebanyak 46 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan 1-2 kali dalam 1 bulan, diawali dengan techinal meeting dan pembukaan acara pada Sabtu, 27 Maret 2021 untuk menentukan kesepakatan jadwal pertemuan selanjutnya. Pembukaan pertemuan pertama ini dihadiri oleh Ibu Dr. Farida Wahyuningtyas, S.KM., M.Kes. selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Setiap pertemuan P3M di datangkan pemateri yang berbeda-beda, adapun beberapa dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang mengisi materi pada pertemuan kegiatan ini serta beberapa alumni mahasiswa FKM UNEJ. Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah Ibu Globila Nurika, S.KM., M.KL., Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes., Kak Mochammad Arif Hadi Maulana, S.KM., Kak Ahmad Ilham Nur Rahman, S.KM., serta mahasiswa aktif FKM UNEJ Kak Hilda Nur Abidah.

Outcome yang diharapkan dari kegiatan Pos Penalaran dan Penulisan Mahasiswa (P3M) 2021 adalah mahasiswa FKM Universitas Jember khususnya anggota baru UKM LENTERA dapat menghasilkan minimal 1 karya ilmiah yang siap untuk mengikuti lomba atau PKM. Peningkatan ini didapatkan dari setiap penugasan yang didapatkan peserta yang sudah berjalan selama kurang lebih 7 bulan ini.