Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) 2021

BEM Himagizi Himakesma Kegiatan Kemahasiswaan
Dokumentasi PPMB 2

Mahasiswa sebagai seorang Agent of Change tidak hanya dituntut untuk cakap dalam ilmu pengetahuan saja tetapi juga dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan, kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap lingkungannya. Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa juga diharapkan dapat memecahkan masalah yang ada di sekitarnya hingga permasalahan bangsa. Mahasiswa perlu memiliki jiwa kepemimpinan, tangguh, tanggung jawab, solutif, serta memiliki solidaritas yang tinggi terhadap apa yang telah diamanahkan kepadanya. Untuk menggali potensi mahasiswa baru dibutuhkan bimbingan, pembinaan serta wadah aspirasi yang dapat melatih mental setiap mahasiswa. Untuk itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) guna mempersiapkan mahasiswa yang siap siaga dalam menghadapi tantangan zaman yang dihadapi bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari yakni pada tanggal 04, 05, 11, 18,19, 25, 26 September dan 02 Oktober 2021. Pelaksanaan kegiatan PPMB pada tanggal 04, 05, 11 September 2021 dilaksanakan serentak pada seluruh mahasiswa baru baik prodi kesehatan masyarakat maupun prodi gizi. Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan pada tanggal 18,19, 25, 26 September dan 02 Oktober 2021 dilaksanakan menggunakan zoom yang berbeda sesuai prodi yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Rangkaian PPMB yang dilaksanakan di Prodi kesehatan Masyarakat, disebut dengan Basic Training of Public Health (BtoPH). Sedangkan pada prodi Gizi, rangkaian kegiatan PPMB disebut dengan Basic of Science Nutrition (BSN). Sebelum kegiatan inti dilaksanakan terdapat pula technical meeting kegiatan PPMB 2021 yang dilaksanakan pada 29 Agustus 2021.
Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMA) dan Himpunan Mahasiswa Gizi (MAGNEJ) yang melibatkan pula beberapa perwakilan mahasiswa dari kedua program studi yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat yakni Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan Mahasiswa Gizi. Dengan mengangkat tema “Take A Step And Raise Your Chances To be A Miracle” kegiatan PPMB ini akan dilaksanakan secara daring. Peserta kegiatan merupakan seluruh mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember tahun 2021 yang berjumlah 223 orang. Mahasiswa baru program studi Kesehatann Masyarakat tahun 2021 berjumlah 184 orang dan mahasiswa baru program studi Gizi tahun 2021 yang berjumlah 39 orang.

Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) meliputi pemaparan materi, diskusi, penugasan dan training pengembangan jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan mengingat kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab, menambah wawasan mahasiswa baru mengenai program studi, aktivitas perkuliahan, sarana untuk mempererat hubungan antara lembaga dengan mahasiswa dan hubungan mahasiswa dengan mahasiswa, serta meningkatkan rasa bangga mahasiswa baru terhadap Fakultas Kesehatan Masyarakat, Almamater, dan Profesi Kesehatan Masyarakat.