Sarasehan UKM Komplids 2022: “Dari Hati Lewat Aspirasi, Saling Bersinergi Meningkatkan Kualitas Organisasi”

Kegiatan Komplids
Sarasehan UKM Komplids x Maphan

Sarasehan UKM KOMPLIDS 2022 merupakan sebuah program kerja dari UKM KOMPLIDS yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengurus dan anggota UKM KOMPLIDS, menjalin silaturahmi yang baik serta bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan organisasi lain. Tema yang diangkat dalam kegiatan sarasehan tahun ini adalah “Dari Hati Lewat Aspirasi, Saling Bersinergi Meningkatkan Kualitas Organisasi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 05 Juni 2022 secara online melalui Zoom Meeting dengan mengundang UKM MAPHAN Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini dipandu oleh Prilia Ayuningsih sebagai MC dari UKM KOMPLIDS dan Najibah Azzahra sebagai MC dari UKM MAPHAN, serta Nanda Musdalifah sebagai moderator.

Acara diawali dengan sambutan dari masing-masing Ketua dan Pembina UKM, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai profil UKM KOMPLIDS dengan menampilkan video yang mengenalkan sejarah, logo, visi misi, kepengurusan, divisi, program kerja dan jargon dari UKM KOMPLIDS. Kemudian juga dilakukan pemaparan profil UKM MAPHAN yang disampaikan oleh ketua umum UKM MAPHAN yang berisi tentang profil, visi misi, sasaran, kebijakan, program kerja, struktur kepengurusan beserta masing-masing jobsdesc. Setelah itu, dilakukan ice breaking guna merehatkan diri sejenak dengan bermain game tebak gambar. Game tebak gambar dipandu oleh panitia yang bertugas, dan akan diberikan hadiah pada peserta yang apabila berhasil menjawab tebak gambar secara cepat dan benar.

Setelah dilakukan ice breaking, waktunya memasuki sesi sharing per divisi yang dibagi menjadi empat breakout room zoom. Setiap room akan diisi oleh masing-masing divisi, yaitu pada room 1 berisi anggota dari divisi Pengmas, Litbang, dan Danus. Lalu, room 2 berisi anggota dari divisi Diklat dan Konseling, room 3 berisi anggota dari divisi Info dan Kemitraan, KIE, serta Humas. Lalu room yang terakhir berisi anggota dari BPH. Di dalam breakout room, para anggota baik dari UKM KOMPLIDS ataupun UKM MAPHAN saling bertukar pikiran dan pengalaman serta dilakukan juga sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan pada peserta yang ingin mengetahui lebih dalam terkait program kerja ataupun hal lainnya. Setelah sesi sharing di breakout room, para peserta diminta untuk kembali lagi ke room zoom utama. Dan sebelum masuk sesi penutupan, dilakukan ice breaking lagi agar semakin mengenal antar anggota UKM KOMPLIDS dan UKM MAPHAN yaitu dengan memainkan game tebak lagu. Kemudian pada sesi penutupan, diumumkan untuk siapa saja pemenang pada game tebak gambar dan tebak lagu, serta dilanjutkan doa dan dokumentasi kegiatan.