Sarasehan UKM Lentera 2022: “Berkolaborasi Salurkan Aspirasi Menuju Perubahan yang Berprestasi”

Kegiatan Lentera

Kegiatan Sarasehan 2022 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkar Penelitian dan Penalaran (Lentera) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, dengan tema “Berkolaborasi Salurkan Aspirasi Menuju Perubahan yang Berprestasi” dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan untuk peningkatan keterampilan dan pengembangan mahasiswa. Kegaitan ini dapat memperkuat ikatan silaturrahmi dari para peserta yang terdiri dari anggota UKM Lentera Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan anggota dari UKM Karisma Fakultas Farmasi Universitas Jember. Sarasehan merupakan pertemuan yang dilaksanakan untuk mengeluarkan pendapat seseorang terkait program kerja dan pengalaman selama menjadi anggota UKM yang terkait.

Kegiatan Sarasehan dilaksanakan dengan cara mengundang atau menghadirkan para pengurus dan anggota dari UKM kepenulisan, dimana tahun ini berkesempatan untuk mengundang UKM Karisma Fakultas Farmasi Universitas Jember. Pertemuan ini membutuhkan spontanitas, dimana peserta akan membahas suatu isu dan bertukar pengalaman, sehingga peserta memiliki kesempatan untuk mengembangkannya melalui pertanyaan dan pernyataan yang diajukan. Di dalam hal ini tentu saja akan dituntut sebuah keaktifan dari para peserta Sarasehan, dimana mereka diberi kebebasan untuk berperan secara langsung dalam membahas topik yang sedang dibicarakan.

Pelaksanaan kegiatan Sarasehan tahun 2022 dilakukan secara daring dikarenakan adanya pandemi Covid-19, sehingga menyebabkan kegiatan diubah menjadi daring sesuai dengan arah rektorat yakni dengan menggunakan aplikasi meeting. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari Minggu, tanggal 13 Maret 2022 via Zoom meeting dikediaman masing-masing. Kegiatan Sarasehan diawali pada pukul 07.40 dimana panitia melakukan briefingmenggunakan zoom serta mempersiapkan teknis acara, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Selain itu panitia juga mulai membagikan link zoom ke UKM Karisma tepat pada pukul 08.00.

Selanjutnya panitia mengingatkan agar seluruh anggota untuk bergabung dengan waktu 15 menit diselingi dengan presensi . Kemudian pukul 08.15 dilakukan kegiatan pembukaan acara yang dilakukan oleh MC selama 10 menit. Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan oleh ketua panitia kegiatan Sarasehan yakni Stella Nataly Damaris, ketua umum Lentera yakni Yanuar Eka Rachmadi, dilanjut dengan Pembina UKM LENTERA yakni  Ibu Arina Mufida Ersanti, S.KM., M.Epid sekaligus membuka kegiatan Sarasehan.

Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan pada acara inti yakni pengenalan antar dua UKM dengan melakukan share screen yang didalamnya berupa penjelasan anggota, divisi dan  program kerja masing-masing dengan kurun waktu 30 menit. Pukul 09.10 peralihan acara untuk bergabung ke room zoom breakout yang telah disediakan untuk setiap divisi selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan melakukan game berupa tebak gambar pada pukul 09.50 yang dipandu oleh MC, dilanjut dengan dokumentasi bersama serta penyerahan vandel secara simbolis oleh sie KSK pada pukul 10.05. Kegiatan ditutup dengan ucapan terimakasih oleh MC pada pukul 10.10 kemudian dilanjutkan dengan evaluasi panitia.

Kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan rutin oleh UKM Lentera ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan mengenai topik atau permasalahan tentang sebuah program kerja dari suatu unit kegiatan mahasiswa diluar Lentera, serta mampu mengetahui solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Selain menambah wawasan, Sarasehan diharapkan dapat menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan sikap kritis mahasiswa dalam mewujudkan pemuda berintegrasi.

Kegiatan ini merupakan wadah yang tepat untuk mempererat dan mengenal satu sama lain antar anggota UKM, serta dapat menambah relasi dari UKM kepenulisan yang diundang. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dimana UKM Lentera berhasil menyelenggarakan kegiatan Sarasehan, maka kegiatan ini diharapkan dapat selalu dilaksanakan  setiap tahun kedepannya. Melihat pada manfaat dan tujuan dari kegiatan ini , maka diharapkan Sarasehan dapat memberikan ilmu bermanfaat kepada pengurus baru dan dijadikan pengalaman dalam pelaksanaan kegiatan yang akan datang.

Penulis: Kholfana Bintan Maula A.P