SARASEHAN SINVESTA: Upgrade Skills and Refresh Knowledge

Kegiatan Sinvesta
Banner Sarasehan Sinvesta 2021

Sarasehan Sinvesta pada Tahun 2021 kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 pukul 08.00-11.00. Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Sinvesta setiap tahunnya. Kegiatan sarasehan tahun ini lebih menarik daripada kegiatan tahun sebelumnya, karena dikemas dengan cara yang berbeda. Tahun ini kegiatan sarasehan Sinvesta dikemas seperti mini webinar, dengan mendatangkan para pemateri hebat pada bidangnya. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat me-refresh ulang mengenai cara mencari data dan berita dengan benar yang akan dibagikan ke publik serta mengenai fungsi media pers yang selama ini menjadi pedoman pers mahasiswa. Selain itu, sarasehan ini juga menjadi ajang menjalin silaturahmi antar LPM Se-Universitas Jember.

Sarasehan Sinvesta 2021 kali ini mengusung tema “Fight the Hoax to Uphold Integrity and Knowing More Media to Uphold Capacity” dengan pemateri yang luar biasa yaitu, Kak Siti Aishah yang merupakan Global Health Fellowship Facebook x Tempo dan Kak Fajrus Shiddiq yang merupakan Wartawan di Tugu Jatim. Pada Sarasehan Sinvesta kali ini, Kak Siti Aisah membawakan materi mengenai cek fakta dan hoaks. Dimana materi tersebut menjelaskan mengenai permasalahan dan dampak misinformasi, tips melawan misinformasi, serta cara memverifikasi data berupa foto dan video. Pada saat menjelaskan materi, Kak Aisah juga memaparkan contoh contoh mengenai misinformasi yang sering muncul di publik.

Sedangkan Kak Fajrus Shiddiq membawakan materi mengenai fungsi media pers. Dimana pada materi tersebut dijelaskan mengenai bagaimana posisi pers mahasiswa di ranah publik, skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis, dan bagaimana seorang pers mahasiswa seharusnya bersikap. Beliau juga menjelaskan apabila pers mahasiswa mendapatkan suatu masalah yang harus dibawa ke arah hukum bagaimana pers mahasiswa harus bertindak.

Sarasehan ini diikuti oleh sekitar 63 peserta melalui Zoom Meeting dengan komposisi 46 dari internal LPMKM Sinvesta dan 17 orang dari delegasi LPM Se Universitas Jember. Antusiasme terlihat pada saat kegiatan berlangsung, hal ini dibuktikan dengan keaktifan peserta dengan bertanya secara langsung maupun melalui fitur chat. Peserta juga dapat interaktif dengan para pemateri baik saat pemaparan materi maupun saat sesi diskusi. Terdapat jeda waktu antara pemaparan materi dilakukan game oleh panitia melalui Web Kahoot hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan peserta dan juga untuk memeriahkan acara tersebut.

Penulis : Batrisyia Rumidzati