Seminar Nasional 2022 BEM FKM Unej

BEM Berita Kegiatan Webinar
Pemaparan Materi Pertama

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Seminar Nasional periode X 2022. Seminar Nasional kali ini akan mengusung tema tentang dampak perubahan iklim dengan topik “Climate Change as Being a Challenge to Achieve the SDGs Goals and a Threat to the Health Condition of the Indonesian People”. Perubahan iklim akhir-akhir ini cukup membuat ilmuwan resah. Tidak hanya ilmuwan tetapi masyarakat awam pun sudah mulai merasakan dampak akibat perubahan iklim seperti meningkatnya suhu rata-rata bumi menjadi lebih panas. Hal ini sangat berbahaya karena kenaikan suhu bumi rata-rata mencapai tiga derajat celcius padahal ilmuwan menetapkan batas hanya 1,5 derajat celcius, ini artinya kenaikan suhu rata-rata bumi meningkat menjadi 2 kali lipat dari batas yang ditetapkan ilmuwan. Hal ini membawa dampak besar bagi lingkungan, kesehatan, ketahanan pangan, serta sosial ekonomi masyarakat.

Akibat dari perubahan iklim ini sangat luas hingga dapat menghambat progres SDGs yang selama ini sudah banyak di perjuangkan oleh negara-negara di seluruh dunia. Poin yang paling terdampak adalah poin tiga belas (Climate Action), poin enam (Clean Water and Sanitation), dan poin dua (Zero Hunger). Hal ini diperparah dengan banyaknya kejadian bencana kekeringan dan banjir di Indonesia yang terjadi akibat perubahan iklim sehingga banyak masyarakat Indonesia menjadi korban. Maka dari itu, dibutuhkan peran masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan iklim dunia dengan mengurangi sampah plastik dan emisi karbon.

Fenomena ini diharapkan dapat menjadi fokus pemerintah baik di Indonesia maupun di dunia untuk segera menyelesaikan permasalahan perubahan iklim. Adanya kegiatan Seminar Nasional dapat memberi informasi dan pengetahuan bagi masyarakat khususnya para mahasiswa kesehatan agar dapat mengetahui masalah climate change. Mahasiswa dapat meningkatkan wawasannya tentang kontribusi yang dapat dilakukan terhadap lingkungannya dan mengetahui hubungan atau kaitan perubahan cuaca dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Sehingga, informasi dan pengetahun yang telah mereka peroleh dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seminar Nasional 2022 dilaksanakan secara hybrid bertempat di Gedung Cianjur Hall Argopuro Kaliwates dan juga Zoom. Peserta kegiatan Seminar Nasional 2022 dihadiri oleh 255 peserta offline dan 34 peserta online. KegiatanSeminar Nasional periode X 2022 juga bekerja sama dengan PERSAKMI, IAKMI, dan PERSAGI, sehingga peserta mendapat SKP di sertifikat yang diperoleh. Adapun materi pada kegiatan Seminar Nasional periode X 2022.

  1. Materi 1 “Urgensi Climate Change di Indonesia” oleh pemateri yang berasal dari Green Peace yaitu bapak Didit Haryo Wicaksono.
  2. Materi 2 topik “Dampak climate change terhadap kondisi gizi dan kesehatan serta pentingnya menjaga kesehatan di masa climate change oleh pemateri yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, yaitu Davrina Rianda Davron, M.Gz.
  3. Materi 3 Upaya mitigasi bagi masyarakat dan Peran Serta Kesmas dan nutritionist dalam Upaya Menangani Climate Change Serta Mensukseskan Implementasi SDG’s di Indonesia. oleh pemateri yang berasal dari PIC Basus Climate Change, Kesmas dan Proklim IAKMI Jawa Timur yakni ibu Dr. R. Azizah, SH., M. Kes.

Dokumentasi kegiatan