Tim FKM UJ Juara III di UI

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM UNEJ) kembali menorehkan prestasi di bidang penalaran dan penulisan ilmiah. Tim KTI mahasiswa yang terdiri atas Bagas Abdillah, M. Arif Hadi Maulana, dan Firda Atika Awaliya P. berhasil meraih juara 3 dalam ajang Karya Tulis Ilmiah Nasional Nutrition Expo 7 (NE7). Ajang tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Keluarga Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (AKG FKM UI). Acara tersebut mengusung tema Gizi Perkotaan dengan subtema Inovasi Cemilan Sehat, Praktis, dan Bergizi Seimbang untuk Remaja Perkotaan.

Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 140 peserta dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam kategori siswa SMA dan Perguruan Tinggi. Para peserta diseleksi dan selanjutnya ditetapkan 5 besar karya terbaik sebagai finalis pada setiap kategori. Dalam final kategori Perguruan Tinggi terpilih lima karya terbaik dari Politeknik Kesehatan (POLTEKES) Jakarta II , Universitas Indonesia (UI) Depok, Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makasar, dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, serta tim FKM Universitas Jember.

Babak final dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2017. Dalam tahap final tersebut, masing-masing finalis mempresentasikan karya mereka di depan dewan juri yang terdiri dari para dosen Universitas Indonesia yang berlatar belakang ilmu gizi dan ilmu ekonomi.  Kriteria yang dinilai antara lain adalah konsep inovasi dan keilmiahan karya. Tim mahasiswa FKM mengangkat paper berjudul “Sempol Jempol, Jajanan Padat Zat Gizi Pencegah Anemia pada Remaja”. Paper ini menawarkan ide tentang camilan sehat, bergizi dan praktis bagi remaja di perkotaan. Ide dan jawaban dari mahasiswa FKM Universitas Jember diterima baik oleh dewan juri sehingga mendapat apresiasi sebagai Juara III dalam kompetisi ini. Adapun juara pertama diraih oleh POLTEKES Jakarta II. Disusul juara kedua yakni tim dari UGM. Peringkat 4 dan 5 adalah tim dari UI dan UNHAS.

Prestasi tersebut merupakan prestasi FKM UNEJ yang kesekian kalinya di bidang penalaran dan penulisan. Harapannya, FKM UNEJ dapat terus berprestasi dalam ajang KTI ataupun kompetisi lain. Di samping meningkatkan mutu fakultas, prestasi mahasiswa dapat menjadi poin penting bagi mahasiswanya sendiri.