Tim Mahasiswa FKM UJ Juara III Bakti Desa Nasional

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Prestasi Mahasiswa

Kegiatan Bakti Desa Nasional Universitas Sriwijaya diselenggarakan oleh BEM FKM Universitas Sriwijaya, Palembang berlangsung pada tanggal 26 – 29 Oktober 2017 bertempat di Desa Muara Penimbung Ulu, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Illir, Sumatera Selatan. Agenda ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Para peserta kegiatan ini sebelumnya telah mengirimkan action plan proposal dan selanjutnya para finalis diberi kesempatan untuk menerapkan idenya di lokasi kegiatan.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya. Sebelum pemberangkatan ke Desa dilalulan pembekalan dengan materi tentang Motivasi Pengabdian dan Komunikasi Efektif dengan Masyarakat Pedesaan. Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi hadir dalam kegiatan ini, diataranya adalah Universitas Lampung, Universitas Gajah Mada, Universitas Siliwangi, Universitas  Negeri Semarang, Universitas Indonesia, dan Universitas Sriwijaya dll. Tidak ketinggalan Tim mahasiswa FKM Universitas Jember yang hadir sebagai finalis. Tim ini terdiri atas atas Hasianda Eka Lestari dan Lailatul Qadriyah yang datang dengan membawa action plan proposal berjudul : “Patrol BABS sebagai upaya Open Defication Free (ODF)”.

Kegiatan hari kedua dimulai dengan Household Activity, dimana para finalis diminta untuk membantu kegiatan keluarga asuh. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Village Detectif untuk mengetahui permasalahan yang ada di Desa dan dilanjutkan dengan Forum Grup Discussion. Acara ini berlangsung hingga pukul 11.30 dan dilanjutkan ISHOMA. Ba’da ISHOMA dilanjutkan dengan kegiatan Youth in Action (Penerapan Action Plan) yaitu penerapan dari proposal plan yang telah dibuat. Acara ini berlangsung hingga pukul 16.30. Selanjutnya finalis kembali kerumah keluarga asuh dan pada pukul 19.30 dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan hasil action plan di desa. Pada kegiatan ini, finalis diberikan waktu 10 menit untuk memaparkan hasil action plan yang telah dilakukan. Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan tanya jawab dan masukan dari juri. Acara ini berlangsung hingga pukul 22.00 dan kembali kerumah keluarga asuh.

Setelah rangkaian kegiatan selama tiga hari dilalui, Dewan Juri mengumumkan hasil penilaiannya, dan  Tim FKM Universitas Jember terpilih sebagai Juara 3 Action Plan. Adapun Juara I Action Plan diraih oleh Tim UNS, Solo serta Juara II diraih Tim tuan rumah Universitas Sriwijaya, Palembang.