Upgrading Staff Skills BEM FKM UNEJ 2022: Level Up Personal Branding for Your Future Career Development on LinkedIn

Publikasi
Upgrading Staff Skills 2022 mengangkat tema Level Up Personal Branding for Your Future Career Development on LinkedIn

Upgrading Staff Skills 2022 merupakan salah satu program Departemen PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Upgrading Staff Skills 2022 mengangkat tema “Level Up Personal Branding for Your Future Career Development on LinkedIn”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 12 Mei 2022 secara hybrid dengan rincian online melalui zoom meeting dan offline di ruang kelas 2 FKM UNEJ. Peserta kegiatan Upgrading Staff Skills merupakan seluruh staf dari BEM FKM UNEJ. Kegiatan ini memiliki serangkaian acara diantaranya pembukaan, acara inti, ice breaking, dan penutup.

Acara upgrading staff skills dimulai dari kedatangan peserta baik secara luring maupun daring dan para undangan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB kemudian dilanjutkan pengisian absensi kehadiran. Pembukaan dimulai pada pukul 08.30 WIB oleh MC dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa yang pada saat itu diwakili oleh saudari Nadhirah Imaniyah dan sambutan sekaligus pembukaan oleh Ibu Reny Indrayani, S. KM., M.KKK. selaku pembina. Acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi oleh panitia yang bertugas.

Acara inti merupakan penyampaian materi dan diskusi yang disampaikan oleh Sri Wulan Nawang Sari sebagai pembicara yang merupakan Raka Raki Jawa Timur 2021. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang personal branding yang sangat penting untuk membentuk presepsi bagaimana diri kita kepada orang lain, apalagi kini sosial media yang sangat populer penggunaannya harus dimanfaatkan sebagai media personal branding. Materi selanjutnya tentang LinkedIn yang mana sangat bermanfaat dan dapat mempermudah bagi fresh graduate yang nantinya ingin mencari pekerjaan. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berjalan cukup baik karena banyaknya peserta yang aktif bertanya.

Acara selanjutnya yaitu ice breaking yang diikuti oleh seluruh peserta harapanya dapat kembali menyegarkan otak setelah mendengarkan dan menyimak materi. Sesi ini berlangsung meriah karena seluruh peserta menyimak dan mengikuti instruksi dengan baik. Ice breaking yang diberikan cukup inovatif yaitu tebak benda dan tebak staf Badan Eksekutif Mahasiswa berdasarkan ciri ciri yang dijelaskan. Ice breaking berjalan baik dengan durasi yang sesuai pada rundown yang disusun oleh sie acara yaitu 10 menit.

Acara selanjutnya yaitu pemberian sertifikat secara simbolis kepada pemateri yang dilanjutkan dengan penutupan pada pukul 10.40 WIB oleh MC. Penutupan kegiatan upgrading staff skills diisi dengan closing statement, pesan kesan, dan dokumentasi oleh panitia yang bertugas. Pada akhir kegiatan terdapat evaluasi panitia dengan membahas kekurangan dan kesulitan yang dihadapi pada saat pelaksanaan acara yang harapannya tidak terulang pada kegiatan yang lain.

Penulis: Sania Salsabila