Webinar Entrepreneur Community BEM FKM UNEJ 2022: Starting from Habit to Profit

Publikasi
Flyer Webinar Entrepreneur Community

Webinar Entrepreneur Community 2022 merupakan salah satu program Departemen PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Webinar Entrepreneur Community  2022  mengangkat tema “Starting from Habit to Profit”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 17 Juli 2022 secara online melalui zoom meeting.

Peserta kegiatan Webinar Entrepreneur Communiy  merupakan  
mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, mahasiswa Universitas Jember, dan masyarakat umum. Kegiatan ini memiliki serangkaian acara diantaranya pembukaan, acara inti, dan penutup.

Acara Webinar Entrepreneur Communiy dimulai dengan kedatangan peserta secara daring dan para undangan pada pukul 08.00 WIB. Pembukaan dimulai pukul 08.20 WIB oleh MC dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ketua panitia, yakni Tasya Cahya Safira. Sambutan dilanjutkan oleh Ketua Umum BEM FKM UNEJ, yakni Amilia Mubarrika, dan Ibu Reny Indrayani, S.KM., M.KKK. selaku pembina. Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Dr. Farida Wahyu Ningtyias, S.KM., M.Kes. selaku dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat sekaligus membuka acara. Acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi oleh panitia yang bertugas.

Acara inti merupakan penyampaian  materi dan diskusi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Dewa Ngakan Gde Wahyu Mahatma Putra, S.ST., MARS. selaku dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Materi yang diangkat ialah ”Habits of Successful People” yang memotivasi peserta untuk membentuk kebiasaan menuju kesuksesan. Sebelum dilanjut ke materi kedua, terdapat sesi pengenalan UKM Kewirausahaan yang disampaikan perwakilan UKM Kewirausahaan. 

Acara selanjutnya yaitu ice breaking yang diikuti oleh seluruh peserta dengan tujuan menyegarkan kembali fokus peserta setelah mendengarkan dan menyimak materi. Sesi ini berlangsung seru karena seluruh peserta berpartisipasi aktif. Ice breaking yang diberikan sangat inovatif dan menghibur yaitu zero logic. Ice breaking berjalan baik dengan durasi yang sesuai pada rundown yang telah disusun yaitu 25 menit.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Ivona Anggun seorang  freelancer makeup yang mengembangkan Wedding Organizer. Materi yang diangkat ialah “Menekuni Hobi dan Menjadikannya sebagai Peluang Bisnis”. Pemateri juga membagi pengalaman pribadi dan kiat kiat membuat hobi yang dimiliki tumbuh menjadi bisnis. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berjalan cukup baik karena peserta aktif bertanya.

Acara selanjutnya yaitu penjelasan challenge video kreasi Reels dengan tema yang telah ditentukan panitia. Webinar Entrepreneur Communiy 2022 ditutup oleh MC pada pukul 12.40. Pada akhir kegiatan dilaksanakan evaluasi panitia yang membahas hambatan yang dialami saat pelaksanaan acara dengan harapan menjadi pembelajaran untuk kegiatan selanjutnya.

Penulis: Amanda Marlita