Webinar Series 2 Epidemiologi: Implementation of Primary Data Research on Epidemiology

Berita Kegiatan Webinar

Epidemiologi adalah cabang ilmu yang mempelajai distribusi dan penyebab penyakit yang ada dalam suatu masyarakat atau populasi. Epidemiologi merupakan landasan bagi kesehatan masyarakat untuk pengambilan keputusan dalam kebijakan public dan prakti berbasis bukti dengan identifikasi faktor risiko penyakit dan mengidentifikasi pencegahan penyakit. Dalam mengidentifikasi faktor risiko penyakit dan pencegahannya perlu dilakukan research sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang benar dan terpercaya.

Dalam proses penelitian, pengumpulan data merupakan tahapan yang penting, karena hanya dengan mendapatkan data yang tepat maka proses penelitian akan berlangsung sampai peneliti memperoleh jawaban dari rumusan masalah yang telah ditetapkan. Dalam penelitian epidemiologi kita mengenal terdapat dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang hanya dapat kita peroleh dari sumber asli atau pertama.

Situasi pendemi membuat beberapa kendala bagi para akademisi dan peneliti, utamanya dalam melakukan pengumpulan data primer. Adanya kendala-kendala yang dihadapi tersebut tentunya tidak menjadi penghalang bagi para akademisi dan peneliti untuk melakukan penelitian. Dengan adanya kondisi tersebut tentunya penting bagi kita untuk mengetahui strategi dan langkah kongkrit dalam melakukan penelitian epidemiologi di masa pandemi ini. Berdasarkan hal tersebut minat epidemiologi FKM Universitas Jember akan mengadakan webinar seri 2 dengan tema “Implementation of Primary Data Research on Epidemiology” guna memberikan informasi kepada peneliti terutama mahasiswa terkait dengan penelitian epidemiologi menggunakan data primer di masa pandemi.

Materi Webinar Series 2 Epidemiologi dapat diunduh pada link berikut ini:
dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D (Implementation of Primary Data Research on Epidemiology)