Webinar Series 4 PKIP: Mengenal Aplikasi dalam Analisis Data Kualitatif

Berita Kegiatan Webinar

Penelitian kualitatif sudah semakin populer, terutama dalam ilmu sosial, ilmu pendidikan, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu-ilmu yang menggunakan pendekatan multidisiplin. Terdapat perbedaan yang mendasar antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Oleh karena itu, para akademisi perlu mempelajari kedua model penelitian tersebut, sehingga mereka menguasai berbagai macam paradigma penelitian.

Penelitian kualitatif merupakan penilitian yang dilakukan untuk memahami suatu fenomena, kondisi, kejadian, dan juga sebuah masyarakat dengan segala dinamika dan kompleksitas yang dimilikinya. Data dalam penelitian kualitatif diperoleh melalui usaha pemahaman terhadap tingkah laku, pengalaman dan juga pendapat sekelompok orang. Hal ini dikarenakan penelitian kualitatif meyakini bahwa pengalaman manusia itu merupakan sumber ilmu. Oleh karena itu, para peneliti kualitatif percaya bahwa melalui pemahaman mengenai pengalaman seseorang atau sekelompok orang, mereka akan mampu menerjemahkan fenomena yang terjadi. Peneliti kualitatif juga meyakini bahwa fenomena sosial yang terjadi saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan secara holistik, yaitu berusaha menemukan benang merah mengenai kejadian tertentu secara menyeluruh. Penelitian kualitatif mengunakan beberapa metode pengumpulan data, seperti wawancara mendalam, observasi dan juga menganalisa beberapa dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang sedang diteliti.

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti kualitatif sudah mengembangkan software penelitian kualitatif. Hali ini dilakukan untuk mempermudah peneliti kualitatif di dalam menganalisa data penelitian kualitatif. Salah satu software yang sudah diperkenalkan adalah Nvivo. Software ini semakin berkembang dan mendapat perhatian khusus dari para peneliti kualitatif. Hal ini dikarenakan sofware Nvivo sangat powerful di dalam mempermudah peneliti menganalisa data mereka. Nvivo misalnya memperkenalkan beberapa komponen yang dibutuhkan dalam penelitian kualitatif, seperti coding, classification, model, query, report dan beberapa komponen lainnya. Nvivo memudahkan peneliti untuk memetakan kajian pustaka, data kualitatif dan juga melaporkan data dengan cara efektif dan menarik.

NVivo merupakan aplikasi yang dapat menjawab kebutuhan para peneliti kualitatif dan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) dalam mengelola dan menganalisis data dengan efektif dan efisien, baik untuk penelitian individu maupun penelitian tim. NVivo juga dapat memperkuat validitas dan relibilitas penelitian kualitatif serta sangat powerfull untuk melakukan analisis data digital dan nondigital. Mahasiswa, dosen dan peneliti yang konsisten dalam menggunakan pendekatan kualitatif perlu memahami aplikasi ini dengan benar sehingga dapat membantu dalam menganalisis data penelitian kualitatif.

Unutk itu, Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember berupaya untuk berkontribusi nyata dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa, akademisi dan peneliti terkait aplikasi Nvivo dalam menganalisis data kualitatif. Peningkatan tersebut diaplikasikan dengan menyelenggarakan Webinar PKIP FKM UNEJ Series 4. (pkip/fkm)

Materi Webinar: Tiara Amalia, S.KM., M.Sc (NVIVO 12 Plus Sebagai Software Analisa Data Kualitatif)