Workshop Academic Writing Series 3: Strategi Penulisan Efektif dengn Styling dan Formatting serta Pengenalan Turnitin

Berita Kegiatan

Skripsi merupakan tugas akhir mahasiswa yang menjadi syarat agar mahasiswa memperoleh kelulusannya. Sebagai tugas akhir, tentu skripsi memiliki beban yang lebih tinggi daripada mata kuliah lainnya. Tak jarang mahasiswa mendapatkan kendala dalam pengerjaan skripsi baik secara konsep maupun teknis. Tentu akan sangat disayangkan apabila kendala-kendala yang sebenarnya tidak terlalu rumit malah memperpanjang waktu pengerjaan skripsi terutama pada hal teknis seperti pengaturan judul bab dan subbab, penomoran, pembuatan daftar isi, daftar pustaka, dsb. Oleh karena itu FKM Unej menyelenggarakan workshop academic writing yang ditujukan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa angkatan akhir mengingat semester depan mereka sudah mulai melakukan penyusunan skripsi.

Workshop Academic Writing diselenggarakan setiap hari sabtu selama 3 minggu yaitu pada tanggal 28 November dan 12, 19 Desember 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelusuran sumber-sumber rujukan yang terpercaya hingga mengatur styles dan page format yang dibutuhkan selama pengerjaan tugas akhir mereka. Topik Workshop Academic Writing Series 3 pada 19 Desember 2020 ini ialah “Strategi Penulisan Efektif dengn Styling dan Formatting serta Pengenalan Turnitin”.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa dipandu oleh narasumber yang berpengalaman yaitu Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc. yang merupakan Pustakawan Perpustakaan Universitas Airlangg Surabaya. Tak hanya mengatur styles dan format halaman yang dibutuhkan untuk penulisan tugas akhir mahasiswa, Novi juga memberikan pengarahan dalam plagiarisme dan bagaimana kiat-kiat agar karya tulis mahasiswa tidak memiliki kesamaan yang tinggi dengan dokumen-dokumen lain yang tersedia dimedia online. Kegiatan diakhiri dengan pengenalan Turnit in dan juga cara kerjanya kepada mahasiswa. Bagi peserta yang sedang berhalangan dalam mengikuti kegiatan, materi dan rekaman workshop dapat diakses melalui youtube channel FKM Unej atau klik pada alamat berikut: Download