Workshop Capacity Building Kelompok Riset di Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Berita Kegiatan

Perguruan Tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan mempunyai tujuan membentuk sarjana-sarjana yang berakhlak mulia, berilmu, dan cakap serta mempunyai kesadaran untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan umat dan masa depan bangsa sesuai keahliannya. Tujuan ini kemudian dituangkan dan dikembangkan dalam tugas pokok yang dimaksud bahwa perguruan tinggi merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang menjadi mediator antara ilmu pengetahuan dan teknologi.

Riset adalah salah satu kegiatan utama dosen dalam pengembangan sebuah ilmu pengetahuan. Keberadaan kelompok riset (KeRis) merupakan wadah bagi dosen untuk mengembangkan pengetahuan, keilmuan dan memajukan peradaban masyarakat. Kelompok riset terdiri dari dosen-dosen yang memiliki minat yang sama terhadap satu kajian tertentu. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember telah berdiri 10 kelompok riset, baik keris peminatan di tingkat program studi maupun keris di tingkat fakultas. Melalui kegiatan yang dilakukan oleh kelompok riset ini baik penelitian atau pengabdian masyarakat akan tercipta suasana akademik yang akan menhasilkan karya-karya ilmiah yang menyertainya, misal seperti jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi, buku ajar, buku teks atau kegiatan ilmiah lainnya misal seminar atau workshop dan luaran lainnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut tidak hanya diperlukan kesamaan minat dalam kajian tertentu, namun juga diperlukan pengelolaan KeRis sebuah organisasi yang perlu ada spirit kerjasama, soliditas tim, rasa memiliki sehingga jalinan kerjasama di dalam internal KeRis kokoh dan pada akhirnya akan mudah menggerakkan tim untuk berkegiatan.

Workshop Capacity Building ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas KeRis dalam pengelolaan riset dalam kelompok tersebut sehingga menghasilkan luaran yang berkualitas. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen FKM yang tergabung dalam kelompok riset. Kegiatan direncanakan berlangsung selama dua hari. Berikut adalah dokumentasi kegiatan Workshop Capacity Building: