Yudisium Ke-38 FKM Unej

Berita Kegiatan

“Pada Yudisium kali ini, FKM meluluskan 28 Sarjana Kesehatan Masyarakat baru yang menggenapi 1055 alumni FKM Universitas Jember yang telah tersebar di Seluruh Nusantara mulai Aceh hingga Papua”. Demikian sambutan Dekan FKM Universitas Jember, Irma Prasetyowati pada acara Yudisium ke – 38 di aula FKM Universitas Jember pada hari kamis, 9 Maret 2017 lalu. Yudisium periode ini juga meluluskan tiga orang mahasiswa dari jalur alih jenjang diploma kesehatan ke jenjang strata satu, diantaranya Budi Haryadi. Mahasiswa asal semarang ini saat ini sedang berdinas di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan. Budi melanjutkan studi di FKM Universitas Jember dengan fasilitas Beasiswa dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapabilatas sumber daya manusia di bidang kesehatan. Hal ini setidaknay terbaca dari hasil tracer study yang dilakukan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember pada bulan September-Oktober 2016 lalu, bahwa 94% kompetensi alumni didapat melalaui proses pembelajaran di kampus.

Sementara itu wakil yudisi, Fatin Sufairoh, menyampaikan terima kasih dan apresisasi yang tinggi pada segenap sivitas akademik FKM Universitas Jember yang bekerjasama membantu mahasiswa dalam segenap proses pendidikannya. Fatin – yang juga merupakan anggota Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan – juga berharap agar FKM Universitas Jember terus meningkatkan pelayanan dan kerjasama dengan berbagai pihak demi kepetingan dan kemajuan bersama. Mengutip hasil “Tracer Study” yang dilaksanakan oleh LP3 Universitas Jember pada tahun 2016 lalu, didapatkan hasil bahwa 78% alumni FKM Universitas Jember telah bekerja dengan masa tunggu selama 4.2 bulan, sementara 22% sisanya belum bekerja karena menikah atau belum memperoleh pekerjaan. 79% alumni yang bekerja, berkarya pada bidang yang sesuai dengan pendidikannya. Para alumni mengabdi di masyarakat sebagai pegawai pemerintah, staf LSM, pegawai swasta dan berwirausaha.

Para alumni selanjutnya diserahkan pada pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (Ikakesma) Universitas Jember, agar tetap terjalin komunikasi yang baik antara FKM dan para alumninya untuk pengembangan dan perbaikan di masa mendatang.(ag)