Mahasiswa FKM UNEJ Juara 1 Bakti Desa Nasional UNSRI

Publikasi
Mahasiswa FKM UNEJ Juara 1 dalam Lomba Bakti Desa Nasional UNSRI

Ada kabar yang membanggakan datang dari mahasiwa FKM UNEJ, ada perwakilan 3 mahasiswa yakni Ahmad Ilham Nur Rahman (162110101075), Muhammad Addin Rizaldi (162110101114), Indah Fitria Afriani (162110101192) yang mengikuti lomba BADENAS (Bakti Desa Nasional) yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.

Tiga perwakilan mahasiswa FKM ini membuat action plan berupa pelatihan pembuatan kompos secara alami dengan memanfaatkan limbah rumah tangga warga desa Ulak Kerbau Lama, Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan mereka membuat kompos untuk warga desa Ulak Kerbau Lama yang mana pengelolaan sampahnya masih minim serta warga sekitar yang sebagian besar juga memelihara sapi dan petani dengan kotoran sapi dan jerami yang bisa dibuat untuk bahan kompos tutur Addin.

Lomba ini bertaraf Nasional, yang diikuti oleh 8 universitas di Indonesia. 8 universitas tersebut yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Bandar Lampung, Universitas Lampung, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Siliwangi dan Universitas Bangka Belitung. Pemenang pada lomba BADENAS ini dilihat dari action plan yang dilakukan oleh peserta. Dimana action plan ini harus bisa diterima oleh warga. Penilaian action plan mahasiswa FKM UNEJ, dari sisi pembuatannya yang mudah ramah lingkungan dan bermanfaat oleh warga desa Ulak Kerbau Lama. Juri dari kegiatan ini ada 3 dari pihak desa setempat. (Farida – Tim Mahasiswa Bekarya)

%d bloggers like this: