Pada tanggal 12 Oktober 2025, Universitas Jember (UNEJ) menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Road Map Penelitian Dosen dan Integrasi Luaran Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Publikasi. Workshop ini digelar sebagai upaya untuk memperkuat peran dosen dalam menghasilkan penelitian yang relevan, terintegrasi dengan proses pembelajaran, dan berkontribusi pada publikasi ilmiah nasional maupun internasional.​

Tujuan Workshop

Kegiatan ini diadakan untuk menjawab tantangan institusi dalam menyiapkan strategi menuju akreditasi unggul serta memperkuat kontribusi dosen dan program studi dalam mencapai tujuan institusi. Workshop juga menitikberatkan pada pentingnya fish bone program studi sebagai acuan dalam menyusun rencana penelitian yang selaras dengan bidang keahlian dosen dan kebutuhan institusi.​

Materi dan Diskusi

Workshop membahas konsep utama fish bone prodi, mulai dari penentuan target dan bidang unggulan, sub-bidang/topik, hingga jenis penelitian yang dikembangkan. Fish bone prodi digunakan sebagai kerangka untuk membantu dosen menyusun roadmap penelitian secara individu, menyesuaikan dengan rumpun ilmu dan kepakaran masing-masing. Dalam sesi diskusi, peserta juga mendapatkan wawasan tentang pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), yang hasil akhirnya dapat dijadikan luaran publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional, sesuai dengan nilai kebaruan dan novelty substansi yang dihasilkan.​

Rencana Tindak Lanjut Workshop

Sebagai tindak lanjut workshop, para dosen diwajibkan menyusun roadmap penelitian individu yang telah diselaraskan dengan fish bone prodi dan bidang keilmuannya masing-masing. Roadmap tersebut menjadi dasar pelaksanaan penelitian terstruktur, mulai dari tahapan penelitian dasar (TKT 1–3), penelitian pengembangan (TKT 4–6), hingga penelitian terapan (TKT 7–9), yang seluruhnya diarahkan untuk menghasilkan karya dan publikasi berkualitas. Dengan adanya roadmap dan fish bone prodi, diharapkan tidak ada lagi tumpang tindih kepakaran atau dosen yang tidak memiliki karya dan publikasi yang terintegrasi dengan proses pembelajaran.​

Workshop ini menjadi langkah strategis UNEJ dalam meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian serta memperkuat sinergi antara pembelajaran, penelitian, dan publikasi untuk mendukung visi institusi mencapai akreditasi unggul pada tahun-tahun mendatang.