Pelaksanaan Reformasi Birokrasi mempunyai peranan penting dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas. Salah satu langkah percepatan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan adalah melalui Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan instansi pemerintah. Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.
Proses pembangunan Zona Integritas (ZI) tentunya membutuhkan perhatian yang tinggi dalam melaksanakan beberapa langkah pembangunan, yakni dalam membangun komitmen antara pimpinan dan pegawai terkait program pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, mengetahui dan melengkapi unsur-unsur komponen pengungkit dan komponen hasil dalam pembangunan ZI, serta membuat berbagai inovasi sebagai langkah perbaikan pelayanan publik dan pencegahan korupsi.
Zona Integritas 2024
| No | Indikator | TW III ( Jul – Sep) | TW IV (Okt – Des) |
|---|---|---|---|
| 1 | Manajemen Perubahan | Dokumen | |
| 2 | Penataan Tatalaksana | Dokumen | |
| 3 | Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur | 1. Dokumen Pencanangan ZI | Dokumen |
| 4 | Penguatan Akuntabilitas | 2. Dokumen Riwayat Pembangunan ZI | Dokumen |
| 5 | Penguatan Pengawasan | 3. Dokumen Pakta Integritas ZI | Dokumen |
| 6 | Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik | 4. Dokumen SK Rektor ZI | Dokumen |
| 7 | Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) | Dokumen | |
| 8 | Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) | Dokumen |
Zona Integritas 2025
| No | Indikator | TW I (Jan – Mar) | TW II (Apr – Jun) | TW III (Jul – Sep) | TW IV (Okt – Des) |
|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Manajemen Perubahan | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 2 | Penataan Tatalaksana | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 3 | Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 4 | Penguatan Akuntabilitas | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 5 | Penguatan Pengawasan | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 6 | Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 7 | Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |
| 8 | Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) | Tautan | Tautan | Tautan | Tautan |