Zona Integritas

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi mempunyai peranan penting dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas. Salah satu langkah percepatan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan adalah melalui Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan instansi pemerintah. Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Proses pembangunan Zona Integritas (ZI) tentunya membutuhkan perhatian yang tinggi dalam melaksanakan beberapa langkah pembangunan, yakni dalam membangun komitmen antara pimpinan dan pegawai terkait program pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, mengetahui dan melengkapi unsur-unsur komponen pengungkit dan komponen hasil dalam pembangunan ZI, serta membuat berbagai inovasi sebagai langkah perbaikan pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Zona Integritas 2024

NoIndikatorTW III
( Jul – Sep)
TW IV
(Okt – Des)
1Manajemen PerubahanDokumen
2Penataan TatalaksanaDokumen
3Penataan Sistem Manajemen
SDM Aparatur
1. Dokumen Pencanangan ZIDokumen
4Penguatan Akuntabilitas2. Dokumen Riwayat Pembangunan ZIDokumen
5Penguatan Pengawasan3. Dokumen Pakta Integritas ZIDokumen
6Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik4. Dokumen SK Rektor ZIDokumen
7Nilai Survey Persepsi Korupsi
(Survei Eksternal)
Dokumen
8Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan
(Survei Eksternal)
Dokumen

Zona Integritas 2025

NoIndikatorTW I (Jan – Mar)TW II (Apr – Jun)TW III (Jul – Sep)TW IV (Okt – Des)
1Manajemen PerubahanTautanTautanTautanTautan
2Penataan TatalaksanaTautanTautanTautanTautan
3Penataan Sistem Manajemen
SDM Aparatur
TautanTautanTautanTautan
4Penguatan AkuntabilitasTautanTautanTautanTautan
5Penguatan PengawasanTautanTautanTautanTautan
6Peningkatan Kualitas Pelayanan PublikTautanTautanTautanTautan
7Nilai Survey Persepsi Korupsi  
(Survei Eksternal)
TautanTautanTautanTautan
8Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan
(Survei Eksternal)
TautanTautanTautanTautan